Trik Rahasia Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Samsung merupakan vendor asal Korea Selatan yang berhasil menduduki peringkat pertama penjualan smartphone di Indonesia, berbagai alasan bisa dijadikan referensi untuk mengetahui apa keunggulan dari smartphone ini. namun banyak orang menyebut jika samsung sangat mementingkan kualitas pada produknya tersebut sehingga para pengguna jarang yang kecewa.

Dalam artikel ini mimin akan memberikan sebuah cara yang dapat kamu lakukan untuk menyembunyikan aplikasi dengan mudah di HP samsung yang sudah mimin rangkum dibawah ini. Jadi untuk melindungi aplikasi dan konten-konten yang bersifat pribadi untuk para pengguna setia, Samsung sebetulnya telah kembangkan aplikasi khusus buatannya sendiri, yaitu Secure Folder.

Dengan memakai aplikasi Secure Folder buatan Samsung ini, kamu bisa menyembunyikan aplikasi dan konten seperti foto atau video agar tidak mudah dijangkau oleh orang lain. Samsung Secure Folder akan mastikan jika aplikasi dan konten-konten pribadi pengguna tersebut tetap aman, meskipun perangkat dalam kondisi tidak terkunci.

Untuk mengaktifkannya, kamu cuma harus membuka aplikasi Secure Folder melalui daftar aplikasi, kemudian mengetuk tombol START, dan sign in ke akun yang kamu punya. (Bila belum punya, kamu sebaiknya daftar dulu sebelumnya)

Bila sudah, kamu akan diminta untuk menentukan metode keamanan yang akan kamu gunakan. Dalam hal ini, kamu bisa memilih metode Pola, PIN, Password, atau memakai pemindai sidik jari. Setelah itu, kamu bisa memilih aplikasi atau konten-konten pribadi yang mau kamu amankan dari jangkauan orang lain lewat shortcut yang muncul di halaman home atau app screen ponsel Samsung yang kamu pakai.

Cukup mudah bukan? Meski demikian, terdapat satu hal yang sangat disayangkan dari aplikasi ini. Aplikasi yang menjamin keamanan pengguna Samsung ini cuma dapat dipakai untuk perangkat Samsung yang berjalan di sistem operasi Android 7 atau yang lebih baru.

Lalu, bagaimana dengan perangkat Samsung yang berjalan dengan versi yang lebih lama? Apakah tetap bisa menggunakan fitur Secure Folder di perangkat tersebut?

Kamu tidak perlu khawatir dalam hal ini, meskipun tidak bisa menggunakan aplikasi buatan Samsung, kamu masih bisa memanfaatkan aplikasi serupa dari pihak ketiga yang cukup banyak beredar di Google Play Store.

Salah satunya, kamu bisa menggunakan PrivacySafe untuk ponsel Samsung yang kamu miliki. Aplikasi tersebut dapat kita gunakan untuk menyembunyikan privasi yang kita miliki, termasuk di dalamnya aplikasi. Namun berbeda dengan aplikasi bawaan dari Samsung, aplikasi ini akan membuat kloning dari aplikasi yang akan disembunyikan terlebih dulu, dan menguncinya dalam bentuk aplikasi kalkulator.

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut melalui halaman Google Play Store, dan menggunakannya seperti pada ponsel Android umumnya. Dengan bantuan aplikasi pihak ketiga ini, kamu bisa mengamankan data pribadi dan mengunci aplikasi untuk perangkat Samsung seri apapun.