Cara Mengatasi Aplikasi Force Close Di Android

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada, seperti biasa kali ini mimin akan memberikan info manarik mengenai dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan sebuah ulasan dan tentunya sebuah cara untuk mengatasi masalah yang sering terjadi di perangkat Android.

Masalah tersebut adalah force close atau aplikasi keluar sendiri saat sedang digunakan, tentunya kamu pengguna smartphone android pernah mengalami masalah tersebut, oleh sebab itu yuk kita ikuti beberapa cara yang bisa kamu lakukan berikut ini.

Clear Cache atau Data Aplikasi

Salah satu alasan utama kenapa aplikasi sering tertutup sendiri atau force close umumnya yang jadi penyebabnya adalah file cache yang banyak atau menumpuk. Terutama jika smartphone kamu mempunyai RAM yang amat kecil sehingga itu menyebabkan beban smartphone semakin tinggi dan sistem terpaksa menutup aplikasi yang berat dijalankan secara otomatis.

Untuk itu, sobat teknohits bisa masuk ke menu Settings dan langsung mempunyai Application atau Aplikasi. Selanjutnya, sobat bisa pilih aplikasi yang sering force close dan memilih untuk Clear Cache serta Clear Data. Namun data-data dari aplikasi akan terhapus sehingga Gadgeter perlu melakukan login pada aplikasi yang membutuhkan username dan password.

Update Aplikasi

Umumnya masalah sering tertutupnya aplikasi disebabkan oleh versinya yang bisa dibilang telah usang sehingga sudah enggak kompatibel lagi dengan sistem operasi yang dipunyai. Untuk itu, sobat bisa melakukan update versi terbaru untuk segarkan kembali aplikasi sehingga kinerjanya meningkat karena telah terjadi penambahan fitur maupun perbaikan bug.

Instal Ulang Aplikasi

Bagi sobst teknohits yang enggak mau ambil pusing, mungkin instal ulang bisa jadi sebuah solusi yang mudah. Biasanya dengan melakukan instal ulang, banyak aplikasi yang dapat berjalan kembali dengan normal.

Untuk itu, sobat bisa menghapus atau uninstall aplikasi di smartphone atau HP Android dan menginstalnya kembali dari Google Play Store sehingga mendapatkan yang lebih bersih serta update.

UPDATE

Pada tanggal 23 Maret 2021, terdapat sebuah bug di aplikasi Android System WebView yang menyebabkan berbagai macam aplikasi Android jadi tertutup sendiri. Salah satu solusi untuk masalah ini adalah dengan mengupdate Android System WebView di Google Play.