Cara Mudah Restart Manual dan Force Restart iPhone Semua Model

Cara Mudah Restart Manual dan Force Restart iPhone Semua Model

iPhone merupakan salah satu smartphone produksi apple yang paling populer di dunia, meskipun di anggap harga yang ditawarkan sangat mahal akan tetapi itu ditujang oleh kualitas produk yang diberikan apple dan tentunya lebih baik dari merek smartphone lainnya.

Pada kesempatan kali ini mimin akan coba memberikan sebuah informasi penting nih untuk kamu yang tidak tahu bagaimana caranya untuk Restart Manual dan Force Restart iPhone di Semua Model yang sudah mimin rangkum berikut ini.

Umumnya pada smartphone, restart dilakukan dengan cara mematikan dan menghidupkan kembali lewat tombol power. Nah pada perangkat iOS sendiri terdapat dua cara restart iPhone yang dapat kamu pakai, yaitu soft restart dan hard restart.

Cara Restart iPhone Secara Normal

  • Fungsi restart di iPhone dapat kamu aplikasi kan lewat fitur AssistiveTouch.
  • Untuk mengaktifkan fitur AssistiveTouch ini, kamu tinggal menjalankan aplikasi Settings kemudian pilih General.
  • Dari menu yang terdapat, pilih Accessibility untuk memunculkan menu Assistive Touch.
  • Setelah AssistiveTouch aktif maka akan muncul lingkaran melayang di layar iPhone.
  • Tekan lingkaran itu untuk memperlihatkan menu shortcut.
  • Pilih icon Device lalu More yang akan memunculkan menu tambahan.
  • Dalam menu ini kamu dapat pilih Restart yang secara otomatis akan matikan lalu menghidupkan iPhone kamu.
  • iOS AssistiveTouch SettingsiOS AssistiveTouch Restart

Metode tersebut bisa dikatakan sebagai soft restart dan sudah umum ditemukan di laptop, akan tetapi di smartphone belum tentu semua brand menghadirkan fungsi ini. Soft restart berguna untuk menormalisasi kembali iPhone kamu untuk menghilangkan permasalahan yang muncul setelah melakukan install aplikasi.

Di iOS 11, kamu juga dapat mengaktifkan AssistiveTouch melalui menu Accessibility di Control Center sehingga enggak perlu jauh-jauh menavigasikan lewat aplikasi Settings.

Cara Hard Restart iPhone

Hard restart sedikit berbeda dengan metode sebelumnya sebab iPhone akan melakukan proses reboot dalam tingkatan hardware. Hal tersebut tentunya sangat berguna sebab kamu bisa tetap lakukan restart walaupun iPhone dalam keadaan hang atau macet. Kamu cukup dengan menekan tombol Home dan Power secara bersamaan selama 5 detik, maka iPhone kamu akan reboot otomatis.

Akan tetapi, metode tersebut sebaiknya cuma dilakukan dalam kondisi terpaksa seperti itu saja karena langsung memutuskan arus listrik secara tibat-tiba. So. data tidak tersimpan secara baik dahulu layaknya melakukan restart normal dan semua aplikasi akan dipaksa tertutup.

Walau begitu belum terdapat laporan masalah akibat lakukan metode tersebut dan pihak Apple umumnya menyarankan Hard Restart sebagai cara terakhir saat metode lainnya enggak bisa menyelesaikan masalah. Maka dari itu kamu enggak perlu takut lakukan hard restart sama sekali selama tidak terlalu sering sekali.