Mengandung Racun Yang Berbahaya, Inilah Pankton spesies Alexandrium
Sumber gambar: idn times

Mengandung Racun Yang Berbahaya, Inilah Pankton spesies Alexandrium

Kalian pasti tidak asing lagi kalau admin menyebutkan sebuah plankton, ya. Mahluk kecil ini sering muncul di kartun serial SpongeBob, namun dengan bentuk yang menggemaskan, plankton kecil ini ternyata memiliki racun yang berbahaya loh guys. Yuk kita simak beritanya.

Plankton yang dimaksud adalah spesies Alexandrium tamarenseis yang kabarnya melepaskan racun yang sangat berbahaya bagi syaraf manusia, ikan, burung dan mahluk lainnya

Dikutip Live Science, Alexandrium adalah kontributor yang paling utama mekarnya alga beracun yang kadang disebut sebagai gelombang merah karena warnanya. Spesies ini juga beracun bagi organisme besar yang memiliki sistem syaraf pusat.

Jadi selama ini Alexandrium diduga menjadi faktor utama yang mengakibatkan matinya ribuan hewan laut, dan juga manusia memakan kerang yang terkontaminasi oleh Alexandrium.

Namun ternyata ada racun kedua nih yang dimiliki plankton tersebut yang mampu menghancurkan predator bersel tunggal. Para ilmuan handak dewasa ini menemukan organisme predator itu menjadi sakit dan sekarat ketika ada di sekitar Alexandrium.

Menurut peneliti dari University of Connecticut, Hans Dam, racun kedua yang diproduksi Alexandrium disebut sebagai reactive oxygen spesies yang menghancurkan membran sel predator kecil.

 

Jadi hati hati keracunan ya sobat teknohits dimanapun kalian berada.