Cara Mudah Mengatasi Bootloop Pada Smartphone Android

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada kembali lagi bersama mimin yang akan selalu memberikan sebuah informasi menarik seputar dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin tertarik mengulas tentang salah satu masalah yang sering terjadi pada Smartphone android yaitu Bootloop.

Bootloop merupakan salah satu masalah yang terbagi pada Smartphone android, maka dari itu dalam artikel ini mimin akan coba membahas apa yang dimaksud dengan Bootloop, apa penyebab sebenarnya dan apa yang bisa dilakukan jika Smartphone kamu mengalami Bootloop. Yuk kita ulas bersama dibawah ini.

Penyebab Bootloop

Dalam berbagai kasus, ada banyak sekali masalah yang dapat sebabkan perangkat mengalami bootloop. Meski kesalahan tersebut dapat berasal dari pihak vendor pengembangnya, namun paling banyak kesalahan ini dilakukan oleh para pengguna.

Yang paling biasa terjadi, masalah bootloop di perangkat Android biasanya terjadi sebab diakibatkan oleh para pengguna yang salah atau gagal memasang sistem khusus (Custom ROM) atau aplikasi ini ke dalam perangkat tersebut.

Kesalahan ini pula sering terjadi akibat kamu yang salah mengelola file sistem dari perangkat setelah berhasil mendapatkan akses root, seperti salah menghapus file, salah mengatur izin akses, dan lain sebagainya. Selain itu, perangkat yang bootloop pula dapat terjadi sebab rusaknya salah satu komponen atau hardware dalam perangkat, misalnya seperti kerusakan eMMC yang cukup sering so. penyebab terjadinya bootloop.

Dan yang cukup jarang terjadi, kesalahan gagal masuknya perangkat ke dalam sistem tersebut diakibatkan update resmi dari pengembangnya, seperti yang pernah dialami beberapa pengguna ponsel Samsung Galaxy A3 beberapa waktu lalu.

Cara Mengatasi Bootloop

Cara pertama, kamu dapat masuk ke mode recovery, di beberapa perangkat dapat kamu lakukan dengan menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume, lalu kamu melakukan Wipe data/factory reset.

Akan tetapi bila perangkat enggak bisa masuk ke dalam mode ini, kamu dapat coba memperbaiki masalah tersebut dengan melakukan instal ulang sistem atau yang biasanya disebut dengan flashing ulang, yang mana masing-masing perangkat mempunyai cara dan perlengkapan yang berbeda-beda, sehingga tidak dapat dijelaskan dengan lebih rinci.

Bila permasalahan belum teratasi, terdapat baiknya kamu harus bawa perangkat ke pusat perbaikan (Service Center) dari perangkat, sebav bisa saja permasalahan bootloop itu terjadi bukan karena kesalahan sistem melainkan kerusakan perangkat kerasnya.