Cara Mudah Aktifkan Fitur AssistiveTouch Untuk Memunculkan Tombol Home di iPhone

Untuk menunjang kemudahan untuk kendalikan perangkat, Apple telah melengkapi iPhone dengan sebuah fitur bernama AssistiveTouch yang mempunyai fungsi bisa memunculkan tombol home.

Bukan cuma untuk memunculkan tombol home pada perangkat iPhone saja akan tetapi apple juga telah menawarkan keefektifan dan efisiensi yang sangat baik. Karena sistem operasi ini telah menawarkan berbagai macam fitur yang bisa digunakan salah satunya yaitu fitur AssistiveTouch ini.

Jadi yang belum tahu. Fitur AssistiveTouch adalah sebuah fitur yang bisa memudahkan kamu pengguna iPhone untuk mencari dan mengatur pengaturan tertentu di perangkat Anda seperti Volume, Rotasi Layar, Kunci Layar, dan lainnya.

Fitur ini pula bisa digunakan sebagai alternatif lain untuk melakukan navigasi, seperti untuk kembali ke halaman layar utama (Home screen) atau untuk mengakses pusat pemberitahuan.

Cara Mengaktifkan AssistiveTouch Untuk Memunculkan Tombol Home di iPhone

  • Pertama-tama, kamu bisa masuk ke bagian Settings
  • Pilih opsi General
  • Kemudian masuk ke opsi Accessibility
  • Berikutnya pilih AssistiveTouch atau Accessibility Shortcut
  • Dan yang terakhir, pastikan tombol AssistiveTouch dalam keadaan hidup

Selain memaksi cara di atas, kamu perangkat iPhone pula bisa untuk mengaktifkan fitur AssistiveTouch melalui asisten virtual Siri. Caranya, kamu cuma perlu membuka Siri dan mengucapkan “Turn on AssistiveTouch”.

Saat opsi Accessibility Shortcut aktif, kamu pula bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur AssistiveTouch dengan menekan tombol Samping sebanyak 3 kali (untuk perangkat iPhone X atau yang lebih baru).

Atau untuk perangkat yang lebih lama, yang notabene masih ada tombol Home-nya, kamu bisa mengaktifkannya dengan menekan tombol Home tersebut dengan jumlah yang sama (tiga kali).

Setelah aktif, maka akan muncul tombol melayang di layar, yang dapat digeser-geser sesuka hati penggunanya. Dengan mengetuk tombol tersebut, akan muncul beberapa menu pilihan, termasuk tombol Home salah satunya.

Dan bila kamu menggunakan iPhone 6s atau iPhone 6s Plus, pengguna juga dapat menggunakan fitur 3D Touch yang ada di dalamnya ke dalam fitur AssistiveTouch ini. Dalam hal tersebut, kamu bisa mengatur sendiri aksi yang ingin diterapkannya.