Fakta Mengharukan Penyu, Cuma Punya Satu Pasangan Seumur Hidup

Fakta Mengharukan Penyu, Cuma Punya Satu Pasangan Seumur Hidup

Buaya dikatakan merupakan hewan yang suka ganti ganti pasangan oleh para manusia, karena jika ada pria yang suka berganti pacar suka disebutkan sebagai seorang buaya, namun hewan apakah yang bisa dikatakan sebagai hewan yang paling setia? Yuk mari kita bahas.

Para peneliti dari University of East Anglia, Inggris penyu jenis hawksbill (sisik) merupakan hewan yang setia karena seumur hidupnya hanya memiliki satu pasangan saja loh.

Sebelumnya, para ilmuwan ini cuma memiliki sedikit wawasan saat sedang meneliti hewan ini yang hidup di bawah air laut tersebut, merekapun terkejut saat mengetahui kalau penyu merupakan hewan yang setia alias monogami (hanya memiliki satu pasangan). Dilansir laman BBC

Akhirnya setelah melakukan penelitian, para ilmuan tersebut menemukan bahwa penyu betina memiliki penampung sperma, yang hanya berasal dari satu penyu jantan. Bersama penampung sperma itu, penyu betina bisa menggunakannya untuk membuahi beberapa telur.

University of East Anglia melakukan riset dan hasilnya langsung dipublikasikan di jurnal online Molecular Ecology. “Penyimpanan sperma” ditemukan di hewan, termasuk reptil, burung serta beberapa penyu dan kura-kura.

Jadi guys menurut penelitian yang dilakukan penyu betina bisa menyimpan sperma dengan waktu lama loh. Ini menandakan, telur bisa terbuahi oleh lebih dari satu “bapak”.

Para peneliti melakukan uji DNA dari penyu hawksbill di Cousine Island, Seychelles. Uji DNA ini dilakukan untuk mengidentifikasi berapa banyak penyu jantan yang terlibat dalam pembuahan telur selama musim kawin.

Para ilmuan menemukan adanya sistem pada penyu ini yaitu bisa dikatakan penyu ini memiliki kesetian yang besar, di mana pembuahan telur berasal dari satu pejantan. Peneliti menemukan bahwa tidak ada pejantan lain yang membuahi lebih dari satu betina dalam musim 75 hari.

“Kami terkejut bahwa mereka merupakan monogami. Monogami genetik sebenarnya adalah pengecualian di banyak hewan, bukan aturan,” ungkap peneliti David Richardson.

Para peneliti menyatakan, sangat tidak mungkin bahwa hanya beberapa pejantan yang hidup di lepas pantai. “Kita memilkirkan penyu betina berkembang biak dengan pejantan di tempat yang jauh, di mana pun mereka biasanya mencari makan. Mereka mencari makan di seluruh Samudera Hindia bagian barat,” jelasnya.