Akhirnya Terkuak! Bunyi Aneh Dari Langit Ternyata Sudah Terjadi 1960 Tahun Lalu

Indonesia atau bahkan dunia dihebohkan dengan suara degungan, meskipun suara tersebut dikabarkan dari atas langit atau mungkin dari dalam tanah, namun ternyata suara aneh tersebut sudah terjadi pada puluhan tahun yang lalu loh.

Dilansir dari laman The Conversation, David Deming, seorang ahli geografi menjelaskan suara “hum” Aneh tersebut pada penelitiannya pada tahun 2014 lalu. Dalam makalah penelitiannya David deming 1960 di sekitar Bristol, Inggris. Kemudian, fenomena ini kembali muncul di Amerika Serikat pada akhir 1980 di Taos, New Mexico.

David lalu melakukan penelitian serupa dengan memeriksa banyak hipotesis untuk mengetahui asal muasal suara aneh tersebut. Dalam berbagai hipotesis tersebut, banyak yang merujuk ke jaringan listrik atau menara telepon seluler. Namun teori ini tampaknya masih belum meyakinkan untuk menjelaskan fenomena Hum. Pertama ponsel belum ada pada tahun 1960-an dan frekuensi yang dipancarkan oleh kedua menara sel dan jaringan listrik dapat dengan mudah diblokir oleh selungkup logam.

 

David Deming juga mengamati Program Penelitian Auroral Aktif Frekuensi Tinggi (HAARP), senyawa militer terisolasi di Alaska yang menggunakan gelombang radio untuk mempelajari luar angkasa dan untuk menguji teknik komunikasi canggih dan fokus favorit para ahli teori konspirasi, yang menuduh fasilitas tindakan mulai dari kontrol pikiran hingga kontrol cuaca. Dia mempelajari kemungkinan emisi otoacoustic, yang merupakan suara alami yang disebabkan oleh getaran sel-sel rambut di telinga. Deming akhirnya memprediksi bahwa gelombang radio Very Low Frequency (VLF) (antara 3 kHz dan 30 kHz) sebagai biang keladinya. Kekuatan militer dunia menggunakan pemancar darat dan udara besar-besaran pada frekuensi ini untuk berkomunikasi dengan kapal selam yang tenggelam. Gelombang radio pada frekuensi ini dapat menembus hingga inci aluminium yang solid.

 

Ada beberapa hipotesis lain yang menjawab tentang Hum, yakni berasal dari akumulasi besar dari suara frekuensi rendah dan infrasound yang dihasilkan manusia (suara dengan frekuensi audio di bawah sekitar 20 Hz dan yang dapat dirasakan lebih daripada yang dapat didengar). Ini mencakup semuanya, mulai dari kebisingan jalan raya hingga segala macam kegiatan industri. Kemudian Hum juga dipercaya merupakan fenomena terestrial atau geologis yang menghasilkan suara frekuensi rendah atau persepsi suara-suara itu. Sebagai contoh, ada sejarah hewan yang terdokumentasi dengan baik yang memprediksi gempa bumi dan mengambil tindakan untuk menyelamatkan diri.

Dari perspektif evolusi, mungkin ada nilai bertahan hidup dengan memiliki anggota populasi yang sangat sensitif terhadap beberapa jenis getaran. Ketika berbicara tentang Hum, beberapa manusia mungkin memiliki mekanisme fisiologis yang sama.