Keyboard Samsung Tiba Tiba Terhenti? Begini Cara Mengatasinya

Keyboard Samsung Tiba Tiba Terhenti? Begini Cara Mengatasinya

Samsung menjadi salah satu vendor smartphone paling sukese karena berhasil menempati peringkat kedua terbaik di dunia dan peringkat pertama di indonesia. Tentu saja hal ini sangat membanggakan perusahaan asal Korea Selatan ini sebab sukses menginvasi dunia dengan produk terbaik mereka.

Sama seperti perusahaan lain, smartphone samsung juga telah dilengkapi dengan aplikasi keyboard atau papan tombol bawaan pada perangkatnya. Yang disebut dengan sebutan samsung keyboard.

Aplikasi ini tentunya sangat diandalkan dan sangat bermanfaat bagi pengguna samsung karena bisa digunakan pada berbagai macam hal diantaranya adalah mengetik kata pencarian di mesin pencari, hingga menulis tugas pada aplikasi Google Docs atau Microsoft Word.

Akan tetapi meskipun sudah dibuat dengan alat dan teknologi yang canggih tetap saja ada sedikit masalah yang dikeluhkan para pengguna yaitu terkadang samsung keyboard terhenti tiba tiba menampilkan pesan “Unfortunately, Samsung Keyboard has stopped”. Oleh sebab itu dalam artikel ini mimin akan memberikan cara untuk membahas masalah tersebut berikut ini.

Paksa Berhenti dan Bersihkan Data Aplikasi Samsung Keyboard dan Dictionary

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut di atas adalah dengan memaksa berhenti aplikasi Samsung Keyboard dan Dictionary, lalu membersihkan data (sekaligus cache) yang terbentuk di dalamnya.

Cara Mengatasi Papan Tombol Samsung Terhenti – Clear Data

Bagi yang belum tahu, untuk melakukan, kita hanya perlu masuk ke dalam Settings, kemudian masuk ke bagian Apps. Ketuk menu lainnya (ikon titik tiga) di pojok kanan atas, dan pilih Show system apps. Selanjutnya cari dan pilih Samsung Keyboard (atau Dictionary), lalu tekan tombol FORCE CLOSE. Jika sudah, masuk ke bagian Storage dan pilih tombol CLEAR DATA. Ingat, lokasi menu dan nama bisa saja berbeda.

Atur Ulang Aplikasi Samsung Keyboard ke Kondisi Awal

Cara Mengatasi Papan Tombol Samsung Terhenti Reset

Jika cara di atas belum mumpuni, mengatur ulang aplikasi Samsung Keyboard bisa menjadi alternatif lain. Caranya, buka aplikasi Keyboard, lalu tekan tombol Settings (ikon gerigi).

Dari halaman pengaturan Samsung Keyboard, kemudian pilih menu Reset to default settings. Dari halaman tersebut kemudian pilih kedua opsi yang ditampilkan, yakni Reset keyboard settings dan Clear personalised data, lalu konfirmasi dengan tombol yang sesuai.

Update Aplikasi Samsung Keyboard

Cara Mengatasi Papan Tombol Samsung Terhenti – Update

Terjadinya eror pada aplikasi Samsung Keyboard juga bisa terjadi karena versi aplikasi sudah tidak kompatibel dengan sistem atau perangkat. Untuk itu, kita bisa memperbaruinya dengan mengetuk About Samsung Keyboard pada pengaturan keyboard.

Gunakan Aplikasi Keyboard Pihak Ketiga

Cara Mengatasi Papan Tombol Samsung Terhenti – Keyboard Lain

Jika permasalahan Samsung Keyboard terhenti masih sering terjadi, maka ada baiknya kita beralih ke aplikasi keyboard pihak ketiga. Dalam hal ini, terdapat beberapa aplikasi favorit yang bisa kita pilih.