Cara Mudah Pindahkan Akun Whatsapp Ke HP Baru

Untuk kamu yang ganti HP baru tapi bingung karena semua data kamu ada di HP lama salah satunya adalah akun whatsapp tapi kamu enggak tahu bagaimana cara memindahkan data tersebut ke HP baru kamu. Tak perlu khawatir karena dalam artikel ini mimin akan mengulas bagaimana caranya pindahkan kun whatsapp ke HP Baru yang sudah mimin rangkum pada artikel berikut ini.

Untuk pindahkan WhatsApp ke perangkat Android baru, terdapat dua hal yang kudu kamu perhatikan, yang mana nomor telepon yang kamu pakai untuk mendaftarkan diri kudu masih aktif dan pengguna memiliki akses ke sana.

Cara bikin Cadangan Sebelum pindahkan WhatsApp ke HP Android Baru

Secara otomatis, sebetulnya WhatsApp lakukan sebuah backup data secara lokal setiap hari pada pukul 02.00 dini hari. Berkas backup-nya dapat diakses lewat file manager dengan buka penyimpan internal, lalu masuk ke folder WhatsApp, dan masuk lagi ke Database.

Nantinya akan muncul beberapa file dengan nama msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12, di mana TTTT menunjukkan tahun, BB tunjukan bulan, dan DD tunjukan tanggal. Pilih salah satu, dan pindahkan ke memori eksternal (atau penyimpanan lainnya).

Bila yang dibutuhkan yaitu berkas cadangan terbaru, maka kamu cukup menyalin berkas msgstore.db.crypt12, yang adalah sebuah berkas cadangan lokal yang baru dibikin pada hari itu oleh WhatsApp.

Selain itu, kamu pula dapat bikin cadangan data ke Google Drive. Sebagai tambahan informasi, saat ini bimin cadangan WhatsApp ke Google Drive sudah ebggak akan memakan ruang penyimpanan yang kamu punya di Google Drive.

Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru – Backup Google Drive

Akan tetapi sayangnya, proses backup ke Google Drive ini kudu diatur dulu secara manual. Kamu kudu membuka menu lainnya (ikon titik tiga) di pojok kanan atas, masuk ke Settings > Chat > Chat backup.

Berikutnya kamu akan diminta untuk mengatur jadwal backup, akun Google Drive, jaringan yang akan digunakan, dan opsi memasukkan video dalam proses backup atau tidak. Bila sudah tekan tombol Backup untuk memulai proses backup.

Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Android Baru

  • Unduh dan pasang WhatsApp di perangkat baru
  • Masukkan Verifikasi Nomor Telepon dengan memasukkan nomor telepon dan mengisi kode OTP yang dikirim melalui SMS
  • Jika mendeteksi ada cadangan file di Google Drive, WhatsApp akan meminta kita untuk memulihkannya dengan menekan tombol Restore.
  • Akan tetapi bila dengan cara di atas belum bisa kembalikan data chat, kamu dapat memakai file backup lokal yang berhasil disalin sebelumnya. Caranya, ubah nama berkas file yang akan dikembalikan msgstore.db.crypt12.
  • Hapus dan pasang ulang aplikasi WhatsApp. Akan tetapi sebelum membuka aplikasinya, pindahkan file msgstore.db.crypt12 ke dalam folder WhatsApp lalu Databases di memori internal.

Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru – Backup local

Berikutnya, kamu tinggal buka aplikasi dan verifikasi nomor telepon seperti yang dijelaskan sebelumnya. Lalu, jika muncul permintaan untuk melakukan pemulihan maka tekan saja tombol Restore.