Tahukah Kamu, Inilah Dugaan Penyebab Kepunahan Manusia Purba
Sumber gambar: jawapos

Tahukah Kamu, Inilah Dugaan Penyebab Kepunahan Manusia Purba

Hallo sobat teknohits, tahukah kamu mengenai teori evolusi manusia purba yang sampai saat ini masih menyimpan berjuta misteri, bukan cuma asal usulnya saja, namun para ilmuwan juga belum bisa mendapatkan info kenapa manusia purba tersebut mengalami kepunahan.

Banyak Ilmuan berbeda pendapat dalam masalah ini, karena diantara dari beberapa Ilmuan tersebut menduga bahwa kepunahan manusia purba (Neanderthal) karena perubahan iklim. Namun ilmuan asal spanyol yang melakukan penelitian terbaru meyakini bahwa penyebab awal kepunahan kelompok manusia purba itu karena kemunculan homo sapiens.

dikutip Softpedia, peneliti menyebutkan kepunahan Neanderthal dipicu karena ulah homo sapiens (manusia modern) yang memburu dan mengonsumsinya sebagai santapan. dugaan ini terlihat dari adanya bekas gigitan manusia pada tulang manusia purba itu.

“Satu-satunya cara agar membuktikan dugaan kami dengan menemukan bukti langsung sisa gigitan manusia yang ada pada tulang Neanderthal. Contohnya, dari potongan tulang atau patahan-patahan pada tulang dari artefak yang dibuat oleh manusia modern,” lanjutnya lagi.

Para peneliti juga menyatakan bahwa kemunculan Homo Sapiens telah menjadi penyebab atas kepunahan 178 spesies hewan lain di muka Bumi ini. Sehingga, kemungkinan besar teori kepunahan Neanderthal yang dikemukakannya bisa jadi bukan sekedar isapan jempol semata.

Dugaan kepunahan Neanderthal yang nyaring terdengar karena mati dibunuh oleh manusia modern yang populasinya berjumlah lebih banyak dan aktif bereproduksi. Sementara, dugaan lainnya mengatakan akibat letusan gunung berapi sekitar 40 ribu tahun yang lalu di daerah Italia dan Pegunungan Kaukasus telah menyebabkan kepunahan Nanderthal.