Cara Mudah Aktifkan dan Menggunakan Asisten Google di Android dan iOS

Apa yang terlintas di pikiran kamu jika mendengar kata ” OK GOOGLE “tentunya kata ini sudah akrab di telinga kita dong ya. karena dengan mengucapkan kalimat sakti ini kamu dapat memerintahkan asisten Google untuk melakukan berbagai hal pada smartphone.

Akan tetapi, fitur asisten google ini bisa kamu gunakan bisa kamu gunakan jika kamu sudah mengaktifkan Asisten Google & jika kamu tidak tahu bagaimana cara untuk mengaktifkannya yuk kita ulas tutorial nya berikut ini ya.

Cara Mengaktifkan Asisten Google di Android

  • Kamu tinggal tekan dan tahan tombol Home di smartphone beberapa saat.
  • Dari halaman “The new way to talk to Google”, tekan tombol CONTINUE.
  • Selanjutnya, kamu dapat memilih NO THANKS atau I AGREE pada halaman selanjutnya, untuk atur apakah akan menggunakan perintah suara secara langsung atau tidak.
  • Bila pilih NO THANK, kamu enggak bisa memakai perintah suara saat Asisten Google belum menyala.
  • Bila memilih I AGREE, kamu dapat buka Asisten Google dengan ucapkan “OK Google” atau “Hi Google”.
  • Berikutnya kamu tinggal ikuti masing-masing petunjuk dari opsi yang dipilih.
  • Setelah selesai mengaktifkannya, sekarang kamu dapat memakai sesuai preferensi yang dipilih. Secara umum, kamu dapat memakai Asisten Google dengan menekan tombol Home beberapa saat seperti saat akan mengaktifkannya.

Akan tetapi untuk kamu yang mengaktifkan Voice Match seperti yang tertuang pada langkah 5, maka kamu dapat mengaktifkan Asisten Google dengan menggunakan suara. Dalam hal tersebut, kamu cuma perlu mengucapkan kalimat saktinya.

Cara Mengatur Asisten Google Agar Menggunakan Bahasa Indonesia

Selain Bahasa Inggris, Asisten Google juga mendukung banyak bahasa lain, termasuk Bahasa Indonesia di dalamnya. Selain aktif sesuai dengan bahasa yang digunakan oleh sistem lokal dalam smartphone, kita juga bisa mengaturnya sesuai dengan kemauan kita.

Untuk mengganti bahasanya, buka Asisten Google lalu usap ke atas untuk menampilkan halamannya secara penuh. Selanjutnya, pilih tombol profile di pojok kanan atas, kemudian pilih Settings. Masuk ke tab Assistant lalu pilih Languages. Ketuk pada English (atau bahasa lainnya), lalu pilih bahasa yang akan digunakan.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Asisten Google di iOS

Untuk para pengguna sistem iOS, terlebih dahulu kamu harus memasang aplikasi Google, yang dapat kamu unduh lewat halaman App Store. Setelah terpasang, kamu dapat buka aplikasi itu untuk menggunakannya.

Atau bila enggsk mau repot, kamu pula dapat memanfaatkan bantuan dari Siri untuk membuka aplikasi itu. Akan tetapi sebelumnya, kamu kudu menekan tombol Add to Siri yang muncul saat pertama kali membuka aplikasi tersebut. Untuk memakainya, kamu cuma perlu mengucapkan “Hey Siri. OK Google.”