Apa Sih Uranium? Berikut Penjelasan Lengkapnya
Sumber gambar: daily Bangladesh

Apa Sih Uranium? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Dewasa ini pasti kamu sudah mengenal yang namanya uranium. Ya,. Sekarang kita akan bahas sedikit mengenai unsur kimia ini ya sobat teknohits. Jadi buat akan yang belum tahu apa itu uranium, jadi uranium merupakan salah satu logam berat yang dapat digunakan sebagai sumber energi loh, Martin Klaproth adalah orang yang sudah menemukan unsur kimia ini pada tahun 1789.

Tahukah kamu, asal muasal nama uranium sendiri? Yap. Nama uranium berasal dari nama salah satu planet di tata surya yaitu Uranus. Karena Beberapa tahun lalu elemen uranium di temukan di planet tersebut loh, Uranus sendiri berasal dari sebuah dewa langit Yunani.

 

tak banyak yang tahu ternyata uranium lebih melimpah dan luas ketimbang yang diperkirakan banyak peneliti. Bahkan, unsur kimia itu dikabarkan bisa ditemukan pada batu, tanah dan air, di mana kandungannya justru lebih banyak daripada perak. Menurut guardian. Fakta lainnya, uranium merupakan sebuah elemen paling yang ditemukan di Bumi. Di alam bebas, hampir seluruh uranium merupakan isotop uranium-238 (99,27 persen). Uranium adalah radioaktif dan bisa memancarkan partikel alpha (dua proton dan dua neutron terikat).

Bukan cuma satu jenis, namun uranium juga Terdapat jenis uranium selain uranium-238, yakni uranium-235 yang kabarnya memiliki masa aktif selama ratusan juta tahun. Uranium disimbolkan dengan ‘U’ dan nomor atom 92. Uranium murni merupakan logam berwarna perak-putih yang lebih keras daripada elemen lainnya. Unsur kimia yang menjadi bahan dasar untuk teknologi nuklir ini sangat padat, kira-kira 70 persen lebih padat dari unsur kimia lain.

 

Meski kepadatannya masih kalah ketimbang emas atau tungsten (logam berat berwarna kelabu kehitam-hitamanan), namun uranium bisa dimanfaatkan sebagai penyeimbang dalam pesawat terbang. Dahulu, sebelum ditemukan bahwa uranium merupakan radioaktif, elemen ini banyak digunakan untuk mewarnai kaca, tembikar dan glasir (lapisan keras pada porselen atau keramik). Di Bumi, adanya uranium radioaktif (bersama dengan torium dan kalium-40) bisa menjaga Bumi agar tetap hangat. Uranium merupakan unsur beracun loh, yang kabarnya bisa menyebabkan gagal ginjal.

VIRAL :  Waduh! Inilah Puluhan Smartphone yang Sudah Tidak Bisa Akses Whatsapp Lagi

 

Demikian info seputar uranium yang admin teknohits bagikan, semoga bermanfaat yaa..