5 Fitur dan Kelebihan Android Q yang Wajib Kamu Tahu

Untuk kamu pengguna android tentunya sudah tidak asing dengan Android Q. ya sistem operasi terbaru dari android yang dirilis pada tahun 2019 ini ternyata mempunyai banyak sekali fitur dan berbagai manfaat didalamnya. oleh sebab itu dalam artikel ini mimin akan mengulas Fitur dan Kelebihan Android Q yang Wajib Kamu Tahu berikut ini.

1. Kontrol Privasi yang Lebih Baik

Privasi jadi salah satu fokus utama Google untuk mengembangkan Android Q. Untuk itu, Android Q akan izinkan para penggunanya untuk mengelola privasi dengan lebih mudah dan leluasa.

Leaat sistem Android terbaru ini, kamu dapat melihat dan mengatur bagaimana aplikasi ataupun perangkat smartphone harusnya kumpulkan informasi, seperti lokasi atau data-data sensitif yang dimiliki pengguna.

Sistem baru tersebut pula bisa cegah aplikasi berjalan di latar belakang, serta membatasi perangkat ke data-data permanen, misalnya IMEI, nomor seri, dan pengidentifikasi sehingga keamanan lebih terjamin.

Untuk memperkuat keamanan perangkat, Google telah pindahkan framework otentikasi yang mendukung sensor biometrik ke level sistem pada Android Q. Bukan cuma itu, google pula telah menerapkan TLS 3 yang mempunyai sebuah kinerja lebih baik dan lebih aman.

2. Mode Gelap yang Baru

Mode gelap adalah salah salah satu permintaan populer dari para pengguna. Untuk itu, Google telah hadirkan pada perangkat Android Q. Jadi untuk kamu yang sudah memasang sistem baru ini, dapat mengaktifkannya lewat Settings dan masuk ke bagian Display.

3. Notifikasi yang Lebih Membantu

Google telah lengkapi Android Q dengan panel notifikasi yang lebih pintar. Lewat panel yang baru, kamu bisa terlibat dengan aplikasi secara lebih cepat tanpa buka aplikasi tersebut.

Bukan cuma itu, panel notifikasi di Android Q juga akan lebih memudahkan kamu untuk menemukan pemberitahuan yang paling baru sekaligus untuk mengelola notifikasi tersebut.

4. Navigasi Gesture yang Lebih Mirip iOS

Meski navigasi gesture sudah hadir sejak Android Pie, namun Android Q membawa navigasi yang benar-benar gesture seluruhnya. Bahkan pada sistem terbaru ini, Google hilangkan panel navigasi yang ada di bagian bawah layar.

Saat ini untuk back, home, ataupun recent, kamu dapat memakai usapan layar dari sisi-sisi layar. Dari atas untuk home, dari sisi yang lain untuk back, serta usapan dari bawah dan tahan untuk recent.

5. Digital Wellbeing

Lanjutksn Android Pie, Digital Wellbeing pula jadi tema utama Android Q. Dengan berbagai macam fitur di dalamnya, kamu bisa menemukan keseimbangan dalam menggunakan smartphone.

Di Android Q sendiri, Google tambahkan sebuah fitur Focus Mode dan Family Link. Focus Mode dirancang supaya kamu lebih fokus saat melakukan sesuatu, seperti belajar atau bekerja. Family Link adalah set perlengkapan kontrol parenting yang baru.

Tinggalkan komentar