Laptop Gak Bisa Konek Wifi? Coba Lakukan Beberapa Cara Ini

Laptop Gak Bisa Konek Wifi? Coba Lakukan Beberapa Cara Ini

Hallo sobat teknohits apakah kamu pernah mengalami masalah pada laptop kamu seperti tidak bisa konek wifi? Jika pernah tentunya sangat menjengkelkan bukan karena jaringan internet merupakan hal yang sangat penting saat kamu menggunakan perangkat komputer seperti laptop ini.

akan tetapi kamu tak perlu khawatir karena sekarang mimin akan memberikan cara untuk mengatasi hal tersebut dengan beberapa cara yang sudah mimin rangkum dibawah ini. ohiya. Cara ini ditujukan untuk windows 10 akan tetapi jika kamu mau praktekan ke windows lain juga boleh kok.

Hidupkan Fitur Connect Automatically

  • Pada beberapa kasus, seperti yang banyak pengguna alami, masalah pada Wi-Fi di laptop terjadi bukan sebab kerusakan perangkat kerasnya. Bahkan pada waktu itu, laptop mimin bahkan masih dapat menampilkan daftar SSID Wi-Fi apa saja yang berada di sekitarnya.
  • Akan tetapi waktu menekan tombol Connect pada salah satu SSID, laptop tidak kunjung terhubung dengan Wi-Fi. Dan yang terjadi yaitu dengan sebaliknya, Wi-Fi tiba-tiba mati lalu melakukan pemindai ulang daftar SSID.
  • Pada kasus tersebut, mimin berhasil mengatasinya dengan hidupkan tanda centang pada opsi Connect Automatically sebelum tekan tombol Connect, yang muncul di bagian bawah nama SSID setelah kamu memilihnya.
  • Berikutnya, bila setelah menekan tombol Connect belum menyelesaikan masalahnya, kamu kudu me-restart laptop tersebut dulu. Sebagai catatan, dalam hal ini, saya bahkan harus mengulangi proses restart hingga dua atau tiga kali.

Gunakan Fitur Troubleshooting

  • Selain dapat memakai cara di atas, kamu dapat atasi masalah laptop yang enggak terhubung dengan menggunakan fitur Troubleshooting, yang biasanya sudah terpasang secara mendasar di sistem operasi Windows.
  • Untuk memakai cara ini, kamu dapat memakai klik kanan di ikon Wi-Fi, lalu pilih opsi Troubleshoot Problems. Biasanya, dalam hal tersebut, kamu cuma perlu mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

Instal Ulang, Update, atau Downgrade Driver Wi-Fi

Jika cara di atas belum menyelesaikan masalah, kamu masih bisa jadi driver Wi-Fi yang kamu pakai mengalami kerusakan, bug atau tidak kompatibel dengan update sistem operasi terbaru. Untuk itu sebagai solusinya, kamu dapat memasang ulang atau mengganti driver tersebut.

Dalam hal tersebut, kamu kudu mengunduh driver yang sesuai dengan perangkat laptop yang kamu pakai, baik itu driver versi terbaru, driver versi lama, atau driver yang sama dengan yang sedang dipasang, selanjutnya menginstalnya ke laptop tersebut.