Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP via Flashdrive, OTG & Kabel Data

Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP via Flashdrive, OTG & Kabel Data

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada. bertemu lagi bersama mimin disini yang akan selalu memberikan informasi menarik mengenai tips & trik. kabar kali ini mimin akan mengulas tentang cara memindahkan file dari laptop menggunakan 3 cara berbeda yang sudah mimin kemas dengan baik dibawah ini.

Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP via Kabel Data

  • Kamu tinggal hubungin HP dengan laptop menggunakan kabel data yang sesuai.
  • Lalu pilih opsi Transfer files atau MTP pada menu yang muncul di HP saat berhasil menghubungkannya (menu ini bisa dilihat juga pada USB Options di panel notifikasi).
  • Selanjutnya buka File Explorer di laptop dan cari file yang akan dipindahkan.
  • Bila sudah ketemu, copy file itu dengan memilihnya lalu menekan CTRL + C.
  • Lalu masuk ke salah satu folder yang ada di partisi perangkat Android (namanya berbeda-beda untuk setiap perangkat).
  • Selanjutnya paste file-nya dengan menekan CTRL + V.

Untuk catatan, cara di atas cuma dapat kamu untuk perangkat yang memakai sistem operasi Android. Untuk perangkat lain, kamu dapat memerlukan aplikasi tambahan, seperti iTunes untuk perangkat iPhone, iPad, atau iPod.

Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP via USB Flashdrive

Khususnya untuk metode ini, kamu perlu perangkat tambahan yang disebut dengan USB OTG. Perangkat ini adalah sebuah konverter dari USB Type-A (konektor flash disk pada umumnya) ke micro-USB atau USB Type-C (konektor pada smartphone).

Untuk memakai alat ini , kamu cuma perlu menyalin file dari laptop ke flash disk seperti pada umumnya, lalu menghubungkan flashdrive itu dengan OTG ke smartphone. Bila muncul notifikasi General USB Drive, tekan tombol OPEN untuk membukanya.

Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP OTG

Bila enggak muncul atau enggak terdapat pemberitahuan, pengguna bisa membuka partisinya lewat file manager yang ada di perangkat yang digunakan. Selanjutnya, kamu bisa memindahkan file seperti biasa.

Sebagai catatan, selain kudu mempunyai perangkat USB OTG, pengguna juga kudu memastikan bahwa perangkatnya mendukung opsi OTG di dalamnya. Terutama dalam hal tersebut, kamu yang menggunakan perangkat-perangkat lama.

Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP via Koneksi Wireless

Selain memakai perangkat atau kabel tambahan, kamu pula dapat mememakai koneksi wireless, baik bluetooth, WiFi, ataupun keduanya, untuk memindahkan file dari laptop ke HP.