Awas! Inilah Dampak Negatif Smartphone Bagi Kesehatan

Smartphone sepertinya sudah menjadi kebutuhan wajib bagi masyarakat, kemapun kita pergi tentu kita sulit lepas dari ponsel pintar ini, bahkan banyak dari kita, saat berolahraga masih saja membawa dan mengunakan ponsel, padahal itu tidak baik loh sobat teknohits.

Menurut para ahli menyebutkan jika kita sedang berolahraga alangkah baiknya tidak mengunakan ponsel terlebih dahulu, ponselnya di simpen dulu begitu sobat teknohits karena kehadiran ponsel yang aktif bisa menghilangkan setengah manfaat sehat dari olahraga. Jadi olahraga yang kita lakukan itu seperti sia sia loh.

Menurut penelitian dan hasil dari studi yang dilakukan Kent State University, saat kita menggunakan ponsel saat sedang berolahraga dapat menurunkan fokus dan intensitas, memperlambat Anda, dan bahkan menurunkan detak jantung kamu.

Pasalnya para Peneliti telah menguji sekitar 44 siswa yang melakukan latihan di treadmill untuk sesi 30 menit. Dan Setengah dari peserta diperbolehkan membawa ponsel, lalu peneliti melihat seberapa sering mereka berbicara, texting, dan mendengarkan musik serta bagaimana aktivitas tersebut mempengaruhi latihan mereka. Peneliti pun melihat hasil latihan dari peserta yang tak membawa ponsel.

Hasilnya, Statistik menunjukkan, kegiatan menelepon saat olahraga bisa mengurangi kekuatan berjalan peserta sebesar 10 persen. Lalu texting memberi hambatan yang lebih besar lagi, bisa menurunkan kecepatan dan kekuatan sebesar 10 persen dan detak jantung jantung sebesar 5 persen loh.

Ada yang baiknya juga, ternyata Mendengarkan musik saat olahraga mampu meningkatkan denyut jantung dan menaikkan kecepatan serta memberi kekuatan lebih. Namun mendengarkan musik lewat ponsel juga berisiko membuat kamu menerima telepon, membalas teks hingga melihat sosial media jadi bisa percuma juga olahraganya.

Selain efek yang ditimbulkan tersebut, Barkely sebagai ilmuan yang meneliti, mengungkap bahwa olahraga yang semestinya bisa menjadi waktu istirahat kamu dari padatnya aktivitas dan pikiran sehingga dinilai dapat mengurangi stres, serta manfaat tersebut justru terganggu dengan adanya ponsel yang aktif.