Tahukah Kamu Kenapa Ban Mobil Berwarna Hitam?

Ban adalah suatu bahan yang sangat penting bagi kendaraan, tanpa ban kendaraan tak bisa berjalan sebagaimana mestinya, dengan bentuk yang bulat dan warna yang hitam ban selayaknya memang seperti itu. Namun pernah kah kamu berpikir kenapa ban berwarna hitam. Dan Tahukah kamu apa yang menyebabkan ban berwarna hitam? Yuk kita ulas bersama.

Mayoritas ban untuk mobil dan sepeda motor yang dijual di perusahaan atau di pasaran tentu saja berwarna hitam, Warna hitam tersebut muncul dikarenakan karet yang berwarna putih dicampur dengan berbagai bahan lain termasuk karbon hitam. Menurut Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Department Head ban FDR karbon hitam yang ditambahkan dalam proses pembuatan ban mobil dan sepeda motor sebagai pengisi pengembang agar karet ban mendapat volume yang sesuai.

 

“Karbon hitam ditambahkan sebagai filler pengisi volume pada ban, kenapa tidak warna lain, karena sat ini carbon black paling mudah didapatkan bandingkan yang lain,” kata Jimmy Meskipun saat ini mayoritas ban mobil atau sepeda motor berwarna khas hitam namun diawal saat pertama kali ditemukan ban ternyata berwarna putih loh sobat teknohits. Berwarna putih karena saat dulu ban masih mengunakan karet murni.

Ban yang berwarna hitam akhirnya mulai terkenal setelah produsen mulai menambahkan karbon berwarna hitam di penhujung Perang Dunia Pertama. Selain sebagai pengisi, di awal penemuannya karbon hitam ditambahkan untuk memperkuat daya tahan ban. Dan setelah para Ilmuan meneliti, senyawa karet yang ditambahkan karbon hitam disebut mempunyai umur pakai yang lebih lama.