Ikan Berdarah Panas Pertama Di Dunia
Sumber gambar: dream.co.id

Ikan Berdarah Panas Pertama Di Dunia

Tahukah kamu, Beberapa hewan seperti reptil, amfibi dan ikan merupakan hewan berdarah dingin. Namun pernahkah kamu menemukan atau sekedar mencari ikan yang berdarah panas? Nah, kalau belum yuk kita bahas bareng dibawah ini.

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mengungkap spesies ‘opah’. yang merupakan ikan pertama yang diketahui berdarah panas. dalam sebuah laporan sains oleh NOAA, digambarkan mekanisme unik yang memungkinkan ikan yang dinamai opah ini, ikan predator laut untuk menjaga tubuhnya tetap hangat. Rahasianya terletak pada sistem pembuluh darah di insang ikan.

Sistem pembuluh darah itu lalu bisa mengedarkan darah hangat di seluruh tubuh ikan. Ilmuwan mengatakan bahwa opah merupakan hewan yang spesial. Heidi Dewar, seorang ilmuwan juga peneliti di NOAA menyatakan jika opah menghabiskan sepanjang waktunya di kedalaman laut sebagai predator aktif yang bergerak cepat.

Menurut para ilmuwan, opah mempunyai jantung yang besar, otot yang berjumlah banyak dan ukuran mata besar. “Karakteristik ini membuat opah memiliki rasa ingin tahu yang besar,” Seperti yang kita semua tahu, kalau ikan predator pada umumnya berdarah dingin, mereka hidup di habitat laut yang dalam.

Di kedalaman laut, ikan cenderung bergerak lebih lambat, menunggu mangsa datang ketimbang aktif mengejar. Tapi opah berbeda. Ikan tersebut justru aktif di kedalaman laut untuk menjaga jantungnya agar tetap hangat.