Tahukah Kamu Asal Muasal Ponsel? Begini Ceritanya

Tahukah Kamu Asal Muasal Ponsel? Begini Ceritanya

Telepon genggam atau yang sering kita sebut ponsel adalah suatu alat komunikasi yang sudah membantu manusia selama puluhan tahun, ponsel ini sudah membantu para penggunanya untuk memenuhi kebutuhan komunikasi. Namun tahukah kamu asal usul ponsel tersebut? Dan siapa penemu pertama alat yang sangat begitu itu? Yuk kita bahas bareng dibawah ini.

 

Martin Cooper, seorang karyawan perusahaan motorola adalah orang pertama yang telah menemukan ponsel loh guys, cooper lalu mengembangkan temuannya tersebut pada pada 3 April 1973, jadi sebelum menjadi penemu ponsel cooper bermimpi ingin membuat suatu alat komunikasi yang bisa dibawa kemana saja, dan kejadian juga akhirnya ia bisa mewujudkannya, setelah itu ia dan timnya mendapat sebuah tantangan sulit karena bagaimana ia dapat memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut.

Dengan usaha yang pantang menyerah, cooper dan timnya akhirnya mewujudkan mimpi mereka dengan terciptanya sebuah ponsel dengan bobot seberat dua kilogram. Di mana, Motorola DynaTAC menjadi tonggak kelahiran ponsel dalam sejarah dunia.

motorola DynaTAC sendiri diketahui mempunyai ukuran 9 inci yang terdiri dari 30 papan sirkuit dan dapat melakukan panggilan kurang dari 30 menit dengan melakukan pengisian daya 10 jam. Agar dapat diproduksi, Motorola kala itu harus merogoh kocek hingga USD1 juta loh.

Cooper mengatakan yang dilansir telegraf “Model ponsel yang saat itu berbobot lebih dari satu kilogram. Di mana, Anda hanya dapat melakukan panggilan telefon selama 20 menit sebelum baterai habis. Oh, satu lagi Anda juga tidak dapat memegang ponsel itu dalam waktu yang lama,”

Dilansir dari berbagai sumber, sebelum menemukan sebuah penemuan yang luar biasa ini, Martin Cooper berkerja untuk pertama kalinya dengan memasuki jajaran Reserve Officer Training Corps dalam Angkatan Laut (AL) di Amerika Serikat (AS). Pria yang mengantongi gelar sarjana di bidang Electrical Engineering pada 1950 ini bertugas di sebuah kapal perusak AL AS selama Perang Korea berlangsung.