Awas Keliru! Begini Cara Hapus Kontak di Aplikasi WhatsApp

Awas Keliru! Begini Cara Hapus Kontak di Aplikasi WhatsApp

Whatsapp adalah salah satu aplikasi pesan singkat yang paling populer saat ini bahkan pihak perusahaan yang bermarkas di California, Amerika Serikat ini klaim memiliki lebih dari satu miliyar pengguna aktif setiap harinya.

Supaya dapat mengirim pesan di aplikasi whatsapp tentunya kamu harus menyimpan nomor si penerima tersebut dong, akan tetapi jika kamu lakukan hal itu terus menerus tentu akan terdapat banyak kontak yang pada akhirnya tidak terpakai.

Sebagai solusinya, para pengguna aplikasi perpesanan buatan Facebook tersebut kudu rajin-rajin menghapus kontak-kontak yang sudah enggak terpakai secara manual. Sampai saat ini, belum terdapat fitur hapus kontak otomatis di aplikasi tersebut.

Dalam beberapa kejadian, menghapus kontak WhatsApp dari perangkat dapat dengan mudah untuk dilakukan. Yang mana dalam hal ini, kamu cuma perlu masuk ke aplikasi kontak yang dimilikinya, lalu menghapus kontak seperti biasanya.

Akan tetapi pada beberapa kasus, meskipun sudah menghapusnya dari aplikasi kontak, beberapa data masih tertinggal atau ditampilkan oleh WhatsApp. Kenapa bisa begitu? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp Lewat Kontak Telepon

Secara sederhana, kontak telepon dan kontak WhatsApp mempunyai sebuah data yang terpisah. Saat aplikasi membaca kontak telepon, ia akan membuat salinan data sebagai kontak miliknya sendiri. Supaya dapat menghapus secara permanen kontak di aplikasi WhatsApp melalui kontak telepon, maka sebaiknya kamu harus mengatur daftar kontak terlebih dahulu supaya cuma menampilkan data dari WhatsApp.

Caranya berbeda-beda untuk masing-masing smartphone, namun secara umum dapat diatur secara langsung dari pengaturan aplikasi kontak itu sendiri. Contohnya pada smartphone Samsung, hal tersebut dapat diatur melalui More (ikon titik tiga) di pojok kanan atas, lalu Settings, dan ubah Contact to Show ke WhatsApp.

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp Dari Aplikasi

Selain memakai cara di atas, supaya kontak WhatsApp dapat benar-benar terhapus dari telepon, maka kamu kudu menghapusnya secara langsung dari aplikasi WhatsApp.

Pertama-tama, kamu tinggal cari kontak yang akan di hapus dan masuk ke percakapan dengannya. Dalam hal tersebut, pengguna bisa mencarinya melalui fitur pencarian (ikon kaca pembesar) maupun melalui halaman membuat pesan baru (ikon balon teks di pojok kanan bawah).

Dari halaman percakapan, lalu klik More (titik tiga di pojok kanan atas) dan pilih opsi View Contact. Selanjutnya, buka More sekali lagi dan pilih View in address book. Bila masuk ke data kontak telepon, cari tombol Delete untuk menghapusnya.

Cukup mudah untuk dilakukan memang, tetapi jika banyak yang akan dihapus bisa menjadi sangat melelahkan. Jika kamu tidak ingin melakukan hal ini, kamu bisa menggunakan metode mengirim pesan WhatsApp tanpa menyimpan nomornya berikut ini.