Cara Mudah Atasi Masalah “Reboot and Select Proper Boot Device” di Laptop ASUS

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada. bertemu lagi bersama mimin yang akan mengulas berita tentang dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan ulasan khusus untuk kamu penguna laptop asus yang sedang mengalami masalah pada perangkat nya.

Mungkin jika kamu merupakan salah satu pengguna perangkat komputer disini laptop tentu akan mengalami sebuah masalah pada perangkat tersebut, salah satu masalah yang sering terjadi adalah kegagalan masuk ke dalam Bootable (Sistem Operasi).

Masalah ini pula sangat banyak jenis dan kondisinya. Salah satunya yaitu, terdapat yang berhenti pada suatu kondisi dan memunculkan pesan “Reboot and Select proper Boot device or Insert Boot Media in selected Boot device”.

Khususnya untuk permasalahan ini, pada umumnya terjadi dikarenakan permasalahan komputer tak dapat membaca sistem operasi atau partisi bootable yang dipakai. Hal tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal, dari mulai kerusakan harddisk (HDD) atau kesalahan pengaturan Boot di BIOS.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang kudu kamu dilakukan. Dan khusus untuk kamu pengguna perangkat ASUS, berikut ini ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Cara mengatasi Permasalahan “Reboot and Select Proper Boot Device” di Laptop ASUS

Pastikan Harddisk Terbaca Perangkat

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan “Reboot and Select proper Boot device or Insert Boot Media in selected Boot device” di laptop ASUS yaitu dengan masuk ke BIOS dan mengecek apakah harddisk terbaca atau tidak.

Hidupkan atau restart laptop bila dalam keadaan hidup dengan menekan tombol CTRL + ALT + DEL, dan secara cepat tekan tombol F2 untuk masuk ke BIOS. Setelah masuk, kamu tinggal buka pada bagian Boot dan pastikan harddisk muncul pada opsi Boot Option Priority.

Perlu diingat, kamu dapat memakai sebuah tombol arah dan enter untuk melakukan navigasi di dalam mode BIOS, sebab sebagian besar mode tersebut tak mendukung navigasi menggunakan mouse.

Reset Pengaturan BIOS Ke Pengaturan Pabrikan

Bila opsi harddisk muncul di pilihan Boot Option Priority, berarti kondisi harddisk dalam keadaan normal. Untuk itu, supaya bisa terbaca seperti semula, kamu bisa mengatur pilihan jenis OS (UEFI atau Legacy) sesuai dengan OS yang digunakan.

Kamu bisa mengatur secara manual, namun mimin sarankan untuk lakukan dengan melakukan reset ke pengaturan pabrikan. Caranya, kamu cuma perlu melakukan restart dan menekan tombol F9.

Bersihkan Port Harddisk

Bila harddisk enggak terbaca di langkah pertama, kamu bisa mencopot harddisk dari laptop lalu kamu membersihkan port-nya, baik yang ada di laptop ataupun yang ada di harddisk itu sendiri. Jika sudah, pasang kembali.

Bawa Ke Ahlinya

Bila cara di atas belum mengatasi permasalahan “Reboot and Select proper Boot device or Insert Boot Media in selected Boot device” di laptop ASUS, maka ada baiknya kamu membawanya ke tukang servis. Siapa tahu, harddisk tersebut memang perlu diganti.