Tahukah Kamu Darimana Asalnya Petir?

Tahukah Kamu Darimana Asalnya Petir?

Jika sedang hujan banyak orang yang masih menjalankan aktivitas sebagai mana mestinya, namun ketika hujan dibarengi Petir semua orang berhamburan karena takut terkena sambaran kilat berbahaya tersebut. Namun, Tahukah kamu dari mana asalnya Petir? Yuk kita bahas..

petir terjadi akibat dari perpindahan muatan negatif menuju muatan positif. Secara fisika, petir adalah lompatan bunga api raksasa antara dua massa dengan medan listrik yang berbeda. Menurut “1001 Fakta Sains”

Di samping fakta tersebut, petir merupakan hasil pelepasan muatan listrik di awan. Konon, energi yang dilepaskan itu sangat besar, sehingga menyebabkan adanya rentetan cahaya, panas, dan bunyi yang begitu kuat, misalnya saja seperti geluduk, guntur, atau halilintar.

Saking kuatnya (energi yang dihasilkan) geluduk, Guntur, dan halilintar, mereka bisa menghancurkan bangunan bahkan membunuh manusia. Bukan cuma itu besarnya kekuatan petir juga mampu membuat tubuh awan, akibat dari udara yang terbelah. Diketakui kekurangan sambaran Petir memiliki rata-rata memiliki kecepatan 150.000 km/detik itu juga akan menimbulkan bunyi yang cukup menggelegar.

 

VIRAL :  Terkuak! Cangkang Kumbang Bisa Pikul Beban Puluhan Ribu Kali Berat Tubuhnya