Tahukah Kamu, Inilah Pakaian Tertua di Dunia Berusia 5 Ribu Tahun
Sumber gambar: grid.id

Tahukah Kamu, Inilah Pakaian Tertua di Dunia Berusia 5 Ribu Tahun

Hari raya lebaran merupakan sebuah tradisi bagi warga negara Indonesia untuk membeli pakaian baru, dari kalangan menengah bawah sampai menengah ke atas membeli pakaian baru merupakan hal wajib saat lebaran. Namun pernah kah kamu berpikir pakaian Tertua yang ada di bumi? Yuk kita ulas bersama.

Sebuah gaun dari Mesir dikabarkan menjadi pakaian tertua yang ada di dunia, gaun linen yang diketahui berusia lebih dari 5 ribu tahun ditemukan di makam Mesir. Jahitannya yang rapi dan dilipat merupakan simbol kompleksitas serta kekayaan yang dihasilkan masyarakat Mesir kuno.

Dilansir National Geographic, gaun linen ini kabarnya tak mudah rusak karena terbuat dari kulit hewan, lalu potongan potongan nya terbuat dari tanaman, kurator London Petrie Museum of Egyptian Archaeology Alice Stevenson mengatakan bahan tekstil tersebut ditemukan di situs arkeologi yang secara umum berusia tak lebih dari 2 ribu tahun.

Sejumlah pakaian (dress) yang memiliki usia yang sama mampu bertahan sampai hari ini, tetapi mereka hanya dibungkus atau disampirkan ke seluruh tubuh. Dres Tarkhan di sisi lain adalah haute couture kuno. Dengan lengan yang disesuaikan, V-neck, dan pleats yang disampirkan, akan terlihat sempurna di rumah sebuah depertement store modern.

Detail yang cukup baik itu hanya bisa dibuat oleh craft person khusus. Orang-orang seperti itu hanya muncul dalam masyarakat sejahtera dan hirarkis, seperti Mesir Kuno 5.000 tahun lalu, saat kerajaan pertama kali bersatu di bawah satu penguasa tunggal.

VIRAL :  8 Asteroid Terbesar yang Mengancam Bumi