Tahukah Kamu Alasan Dokter Selalu Pakai Baju Hijau Saat Operasi?

Dokter identik dengan pakaian warna putih saat sedang perawatan atau merawat pasien, namun saat akan melakukan operasi, semua dokter akan berganti pakaian yang tadinya berwarna putih menjadi pakaian berwarna hijau. Jika warna putih melambangkan kebersihan. Lalu Tahukah kamu kenapa dokter memakai seragam warna hijau saat melakukan operasi? Yuk kita ulas bersama.

Meskipun banyak yang berpendapat bahwa sulit menemukan alasan mengapa dokter memakai pakaian berwarna hijau saat operasi, namun faktanya warna hijau merupakan lawan dari warna merah

alasannya bisa dipahami seperti ini, Warna hijau akan menyegarkan mata untuk dokter saat melakukan operasi. Saat dokter selalu melihat benda-benda berwarna merah (darah). termasuk organ-organ tubuh yang berlumuran darah ketika proses pembedahan berlangsung.

Karena melihat warna merah (darah) yang terus terusan saat lagi operasi akan menyebabkan sinyal warna merah di otak akan memudarkan sensitivitas terhadap variasi warna merah. Alasan lainnya, terus berfokus pada warna merah akan menyebabkan dokter yang melakukan operasi merasa terganggu.

Karena itu para dokter memakai baju berwarna hijau karena bakal menimbulkan ilusi yang berdampak baik bagi dokter yang melakukan bedah. Ilusi optik ini terjadi karena warna putih memiliki spektrum warna, termasuk hijau dan merah.

Tapi, jikalau dokter melihat baju yang berwarna hijau atau biru, ilusi yang mengganggu ini akan berbaur tepat dengan warna pakaian dan tidak akan menimbulkan gangguan. Hasilnya, sang dokter tidak hanya berfokus pada warna merah. Itulah sebabnya para dokter menggunakan seragam berwarna hijau saat mengoperasi pasiennya.

Semoga infonya bermanfaat.