Cara Backup iPhone di Laptop Lewat iTunes dan iCloud Mudah

Sama seperti perangkat elektronik lain, iPhone juga berisiko mengalami berbagai macam kendala dan kerusakan. Salah satunya adalah kehilangan data di iPhone. Baik itu berupa foto, video, musik, dokumen dan lain-lain. Untuk meminimalisir hal tersebut, Anda perlu melakukan pencadangan data ke dalam perangkat lain seperti laptop atau komputer. Lantas, bagaimana cara backup iPhone di laptop yang benar? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Beberapa Cara Backup iPhone di Laptop Paling Mudah 

  1. Backup ke Laptop Melalui  iTunes

Cara Backup iphone di laptop pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan iTunes. Bagi Anda yang sudah lama menjadi pengguna iPhone, tentunya sudah sangat akrab dengan keberadaan perangkat lunak ini. Fungsi utamanya yaitu sebagai pemutar musik pada koleksi lagu Anda. Tetapi, ada satu kegunaan lain seperti pengelolaan data berupa backup dan lain sebagaianya.

Penggunaan untuk tujuan backup bisa dilakukan dengan kondisi offline atau tanpa menggunakan jaringan internet. Tentunya hal ini sangat berguna dan menguntungkan bagi setiap penggunanya, sehingga tidak perlu melakukan upaya yang terlalu rumit. Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana langkah-langkah melakukan pencadangannya berikut adalah penjelasannya.

– buka iTunes pada komputer Anda dan sambungkan ke perangkat iPhone dengan kabel data.

– Setelah itu, pilih menu “File”

– lalu klik kanan kemudian akan muncul pilihan “Perangkat”.

– klik pilihan yang bertuliskan “cadangkan” dalam bahasa Indonesia.

Sebelum itu, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa semua data telah dicadangkan. Bagaimana cara mengetahuinya? Anda harus masuk ke menu “Preferensi” pada pilihan perangkat lunak iTunes kemudian klik “Perangkat”.  Beberapa saat kemudian akan muncul informasi nama perangkat yang berhasil di backup.

Setelah semua sudah selesai dan sudah dilakukan pengecekan tanpa ada satu perangkat yang tertinggal, selanjutnya tunggu proses backup selesai. Media pertama ini mudah sekali untuk dilakukan, dan bisa menjadi alternatif pertama sebagai metode cara Backup iphone di laptop.

  1. Cara Backup iPhone di Laptop Menggunakan iCloud

Selain menggunakan iTunes, Anda bisa melakukannya melalui iCloud. Seperti yang diketahui bersama bahwa perangkat lunak ini merupakan media penyimpanan resmi yang dibuat oleh perusahaan Apple. Kerjanya secara otomatis akan melakukan penyimpanan data saat kondisi sedang online atau tersambung dengan internet.

BACA JUGA  Cara Cek Saldo Jamsostek Lewat HP Android Paling Mudah

Sistem kerjanya tentu tidak jauh berbeda dengan Google Drive ataupun Dropbox pada Android ataupun Smartphone. Data yang mampu dihimpunnya yaitu meliputi gambar, video, musik, dan juga berbagai jenis file dokumen. Kelemahannya yaitu untuk mengakses diperlukan sambungan jaringan internet.

Bagaimana proses pencadangan yang dilakukan melalui media iCloud ke dalam penyimpanan Komputer?

– Pertama Anda harus terlebih dahulu memastikan apakah sudah tersambung dengan jaringan internet atau belum

– Setelah itu, masuk ke pilihan menu “Pengaturan”

– Kemudian lanjutkan dengan memilih pilihan “iCloud”

– klik “cadangan”

– Setelah itu, Anda harus mengaktifkan cadangan pada iCloud dengan cara mengarahkan bagian slide yang terletak pada tulisan “Cadangan iCloud” sampai berwana hijau.

– Kemudian tekan menu tersebut sampai proses backup selesai. Sebelum itu pastikan semua data telah di backup semuanya, dan jangan lupa untuk memastikan tetap tersambung dengan jaringan internet.

Cara Backup iphone di laptop  di atas merupakan pilihan yang bisa Anda pilih. Tentunya keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan proses yang akan Anda lakukan.

Paling penting adalah seberapa Anda memahami langkah dari kedua metode di atas, karena itu yang akan mempengaruhi keberhasilannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *