Realme 5 Vs vivo Y12 | Pilih yang Mana Bro?

Realme 5 Vs vivo Y12 | Pilih yang Mana Bro?

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada. kembali lagi bersama mimin disini yang akan selalu memberikan sebuah info menarik seputar dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas perbandingan dua brand smartphone yaitu realme dan vivo dan mereknya Realme 5 dan vivo Y12 yang menjadi primadona di kalangan anak muda.

realme 5 secara teknis ternyata masih menang di banyak aspek, baik itu layar, konfigurasi mesin, baterai, konfigurasi kamera, sampai dukungan fitur yang melengkapinya bila dibandingkan dengan ponsel ini. Agar kamu lebih dapat pertimbangkan, mari kita bahas satu per satu. Mulai dari layar, aspek ini jadi yang cukup terlihat dibandingkan beberapa aspek lainnya, terlebih dahulu.

Di aspek ini, realme 5 mempunyai sebuah layar yang lebih baik dengan menawarkan layar yang sedikit lebih besar sebab mempunyai layar IPS 6,5 inci HD+ (1.600 x 720 piksel) sementara vivo Y12 memiliki layar IPS 6,35 inci HD+ (1.544 x 720 piksel).

Bukan cuma itu, perangkat ini realme ini pula sudah memberikan layar yang lebih kuat berkat lapisan pelindung layar Corning Gorilla Glass 3+ yang melapisi bagian luarnya. Aspek lain yang pula tampak lebih baik dibandingkan vivo 12 pula dapat dilihat di bagian cover belakang dari perangkat ini, khususnya di bagian konfigurasi kamera utama yang digunakannya.

Saat vivo Y12 masih memakai tiga kamera dengan konfigurasi 13 MP (f/2.2) + wide 8 MP (f/2.2) + depth 2 MP (f/2.4), realme 5 udah mengusung empat kamera dengan susunan 12 MP (f/1.8) + ultra-wide 8 MP (f/2.25) + makro 2 MP + potret 2 MP.

Itu berarti, realme dapat memenuhi lebih banyak kebutuhan fotografi pengguna, meski vivo Y12 secara teknis bisa menghasilkan gambar yang sedikit lebih tajam dengan lensa utamanya. Di sisi lain, kamera depan realme 5 pula akan lebih baik. Dengan lensa 13 MP (f/2.0), kamera depan realme 5 dapat ambil detail foto yang lebih baik ketimbang kamera vivo Y12 yang cuma memiliki lensa 8 MP (f/1.8).

Lanjut ke aspek lain, racikan mesin di dalam realme 5 punya mempunyai kinerja yang lebih unggul. Yang mana dalam hal ini, realme 5 dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 665 sementara vivo Y12 masih dilengkapi MediaTek Helio P22.

Mimin sebelumnya pernah bahas lebih mendalam, bahwa Helio P22 merupakan SoC yang mempunyai sebuah kemampuan satu tingkat lebih rendah dari Snapdragon 660, yang notabene adalah generasi lama dari Snapdragon 665.

Atau secara lebih sederhana, realme 5 lebih bisa diandalkan untuk bermain game dibandingkan vivo Y12. Lebih-lebih, realme 5 mempunyai sebuah RAM hingga 4 GB dan memori internal hingga 128 GB saat vivo Y12 cuma mempunyai RAM 3 GB dan memori internal hingga 64 GB.