Realme 5 Vs Realme 5 Pro | Apa Perbedaannya?

Realme 5 Vs Realme 5 Pro | Apa Perbedaannya?

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada. kembali lagi bersama mimin disini yang akan selalu memberikan sebuah info menarik seputar dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas perbandingan dua smartphone terbaru realme yaitu Realme 5 dan Realme 5 Pro yang jadi primadona di kalangan anak muda.

Dua tipe smartphone ini bisa jadi daftar list kamu ketika ingin membeli smartphone dengan harga dibawah 3 juta. Karena Realme 5 dan Realme 5 Pro merupakan smartphone yang diperuntukkan untuk kamu pengguna kelas menengah dengan spesifikasi menarik.

Meskipun sama-sama bawa motif potongan berlian di cover-nya, realme 5 dan realme 5 Pro mempunyai sebuah varian warna yang cukup terlihat berbeda. Realme 5 hadir dengan warna Crystal Purple dan Crystal Blue, sementara realme 5 Pro hadir dengan Sparking Blu dan Crystal Green.

Ikuti sebuah perbedaan warna ini, konfigurasi kamera yang tersemat di bagian ini pula berbeda. Seperti memberikan lensa tambahan ultra-wide, makro dan potret yang serupa, realme 5 cuma mempunyai lensa utama 12MP sedangkan realme 5 Pro sudah andalkan sensor Sony IMX 586 yang beresolusi 48 MP.

Bila disandingkan, keduanya pula akan mempunyai sebuah ukuran yang sedikit berbeda. Hal tersebut berkat perbedaan layar yang dipakai oleh kedua ponsel tersebut, dimana layar realme 5 berukuran 6,5 inci sedang layar realme 5 Pro berukuran  6,3 inci.

Yang harus kamu ingat dalam hal tersebut, meski layar realme 5 Pro berukuran lebih kecil, namun. layarnya mempunyai resolusi yang lebih tajam karena sudah bersolusi Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel), saat dibandingkan dengan realme 5 yang cuma beresolusi HD+ (1.600 x 720 piksel).

Di bagian layar ini pula, ada beberapa bagian kecil yang memotong layar – umum disebut dengan notch atau poni – untuk tempatkan kamera depan, yang beresolusi 13 MP pada realme 5 dan 16 MP pada realme 5 Pro.

Enggak jauh berbeda dengan sisi luarnya, piranti keras yang dipakai di dalam kedua ponsel ini juga cukup “jomplang”. Untuk dapur pacu, contohnya, realme 5 hanya dipersenjatai Snapdragon 665 sementara realme 5 Pro sudah dipersenjatai Snapdragon 712.

Sebetulnya, Snapdragon 712 dan Snapdragon 665 tidak sepadan untuk diperbandingkan. Secara umum, Snapdragon 712 yang mempunyai tingkatan yang lebih tinggi, mempunyai dukungan yang jauh lebih baik ketimbang Snapdragon 665, liputi CPU, GPU, hingga pabrikasi yang dipakai.

Kehebatan realme 5 Pro pupa dapat dilihat dari tipe RAM dan memori internal yang dipakai. Berbeda dengan realme 5, perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan memori bertipe UFS 2.1 dan RAM LPDDR4x.

Apa lagi di dalam ini, kapasitas RAM maksimal yang diberikan realme 5 Pro lebih tinggi dibandingkan RAM realme 5. Yang mana, meskipun sama-sama mempunyai sebuah kapasitas memori penyimpanan sampai 128 GB, realme 5 Pro menawarkan RAM hingga 8 GB sementara realme 5 cuma sampai 4 GB.

Untuk mengimbangi kinerja dari kedua perangkat ini, realme 5 dan realme 5 Pro pula mempunyai kapasitas baterai yang tidak sama. Realme 5 Pro dengan SoC yang lebih efisien memiliki baterai 4.035 mAh sedangkan realme 5 milik 5.000 mAh.

Yang enggak kalah penting untuk diperhatikan, realme 5 Pro juga mempunyai sebuah fitur yang lebih modern dibandingkan dengan realme 5. Di mana dalam hal tersebut, realme 5 Pro sudah punya dukungan VOOC Fast Charging 20 Watt dan USB Type-C, sementara realme 5 belum.