Cara Mudah Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di HP Samsung

Cara Mudah Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di HP Samsung

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada. kali ini mimin akan memberikan info menarik seputar masalah yang kerap terjadi pada perangkat smartphone salah satunya adalah ruang penyimpanan hampir habis. oleh sebab itu dalam artikel mimin sudah merangkum beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut khusus untuk HP samsung berikut ini.

Cara pertama yang mimin berikan saat mengalami masalah ini muncul permasalahan ruang penyimpanan yang hampir habis yaitu dengan cara membersihkan ruang penyimpanan dari data-data yang tidak terpakai. Dalam hal tersebut, mimin biasa akan mencopot pemasangan aplikasi (terutama game lama) yang udah jarang mimin pakai, membersihkan cache, atau menghapus berkas-berkas gambar, video, musik yang sudah enggak kamu ingin.

Dalam hal ini juga, mimin akan hapus database cadangan dari WhatsApp, yang memakan cukup banyak memori penyimpanan. Jadi untuk kamu yang belum tahu, kamu dapat menghapusnya melalui My Files, selanjutnya masuk ke Internal Storage.

Dari halaman ini lalu kamu tinggal cari dan buka folder WhatsApp, lalu folder Databases. Hapus semua berkas data di dalamnya, kecuali berkas dengan nama paling pendek – tanpa tambahan keterangan tanggal mencadangkannya.

Sementara untuk data-data yang masih terpakai, saya biasanya memindahkannya ke kartu memori eksternal, laptop, atau layanan cloud gratis, seperti Google Drive atau Samsung Cloud untuk berkas dokumen dan Google Photos untuk video dan gambar.

Bukan cuma itu, mimin biasanya pula akan memindahkan lokasi penyimpanan data game, seperti PUBG Mobile, COD Mobile, atau Mobile Legends, dari memori internal ke memori eksternal jika aplikasi mendukungnya.

Kamu pula dapat mencobanya dengan membuka Settings, lalu masuk ke bagian Apps. Berikutnya, kamu tinggal cari dan pilih aplikasi yang dimaksud, misal PUBG Mobile, dan kamu tinggal Storage. Selanjutnya tekan tombol Change dan konfirmasi dengan tombol yang sesuai.

Beberapa aplikasi, seperti peramban Google Chrome atau Kamera, biasanya juga saya ganti pengaturannya supaya menyimpan hasil download atau hasil pengambilan gambar ke memori eksternal.

Secara umum, beberapa hal di atas dapat sedikit mengatasi keluhan saya terkait memori penyimpanan yang hampir habis. Namun tentu saja, pada beberapa seri, langkah-langkah melakukan triknya perlu diadaptasi karena pengaturannya kadang sedikit berbeda.