Tahukah Kamu, Asal Usul Pakaian Toga Wisuda?

Wisuda merupakan hal yang sangat dinantikan para mahasiswa, perjalanan yang berat dari semester pertama sampai semester akhir adalah suatu perjuangan yang berat, dan memakai topi toga adalah suatu yang sangat di dambakan para mahasiswa.

Namun, Tahukah kamu asal usul toga wisuda? Yuk kita ulas bareng bareng

Secara etimologi toga berasal dari kata “tego” yang dalam bahasa Latin yang berarti “penutup”. Toga sebenarnya merupakan pakaian yang sering dikenakan kaum Romawi kuno.

Di periode 1.200 SM adalah pakaian yang sering dipakai penduduk Roma untuk aktivitas di luar rumah. Kala itu, bentuk toga belum berupa jubah, namun hanya berupa lilitan kain sepanjang enam meter yang dililitkan di tubuh.

dikutip dari “Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia, Seiring dengan berjalannya waktu, pemakaian toga untuk kegiatan sehari-hari mulai ditinggalkan. Di masa modern, pakaian toga mulai dimodifikasi bentuknya, berubah fungsi untuk menjadi pakaian resmi di kala wisuda.

Sekarang bahan pembuatan toga sering menggunakan material kain premium. Hal ini disebabkan karena toga sering disimbolkan sebagai pakaian seorang akademisi.