Perbandingan realme 5 Pro Vs realme XT | Mana yang Lebih Oke?

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada. kembali lagi bersama mimin disini yang akan selalu memberikan sebuah info menarik seputar dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas perbandingan dua smartphone terbaru realme yaitu realme 5 Pro dan realme XT yang menjadi primadona di kalangan anak muda.

Dua tipe smartphone ini bisa jadi daftar list kamu saat kamu mau membeli smartphone baru dengan harga yang sangat bersahabat dan tidak menguras kantong. Karena realme 5 Pro dan realme XT merupakan smartphone yang diperuntukkan untuk pengguna smartphone kelas menengah dengan spesifikasi wah.

Kedua smartphone ini hadir di Indonesia dengan selang waktu belum genap sebulan ini sama-sama ditopang oleh SoC kenamaan Qualcomm untuk kelas menengah, Snapdragon 712, yang dikombinasikan dengan RAM sampai 8 GB dan penyimpanan UFS 2.1 sebesar 128 GB.

Kesamaan ini tentunya akan memberikan cita rasa kinerja yang enggak jauh berbeda, apalagi keduanya juga sama-sama ditenagai oleh baterai berkapasitas serupa – 4.035 mAh pada realme 5 Pro dan 4.000 mAh pada realme XT – dengan dukungan VOOC Flash Charge 3.0 (20 Watt) melalui port USB Type-C.

Kemiripan cita rasa tersebut pula semakin menguat dengan adanya sistem Android 9 Pie dalam balutan ColorOS 6 realme edition yang dipakai sebagai antarmuka pengguna pada kedua perangkat realme tersebut. Lebih-lebih lagi, keduanya pula telah dilengkapi dengan konektivitas yang sama-sama modern meliputi jaringan 4G LTE lewat slot dual-nano SIM-nya, Bluetooth 5.0, serta Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac.

Ada pula aspek yang membedakan dari realme 5 Pro dan realme XT, dapat mulai dilihat dari fisiknya secara langsung. Hal tersebut karena desain, corak warna, sampai ukuran yang membalut keduanya cukup jauh berbeda.

Sama-sama cantik dalam balutan desain dan corak warnanya masing-masing, realme 5 Pro mempunyai sebuah bodi yang sedikit lebih kecil dari realme XT, yang dapat jadi sebuah poin tambah untuk kamu yang sedang mempertimbangkannya.

Dengan bodi yang lebih kecil, itu berarti realme 5 Pro mempunyai sebuah layar yang juga lebih ramping. Dalam hal tersebut, realme 5 Pro mempunyai layar IPS 6,3 inci yang dibalut Corning Gorilla Glass 3+ sementara realme XT punya layar Super AMOLED 6,4 inci yang dibalut Corning Gorilla Glass 5.

Tapi untungnya, perbedaan ukuran layar ini enggak akan begitu tampak jika tidak diperhatikan dengan seksama. Sebaliknya, sensor pemindai sidik jari yang menempel pada bodi belakang realme 5 Pro justru menjadi perbedaan yang mencolok di sisi ini.

Seperti apa yang beredar di lini masa media teknologi sekarang ini, realme 5 Pro masih menggunakan sensor sidik jari kapasitif yang tersemat di punggungnya. Sementara itu, realme XT sudah memakai sebuah sensor sidik jari optik yang bisa ditempatkan di bagian layar sehingga tidak tampak.

Di bodi belakang ini juga, realme 5 Pro dan realme XT memiliki konfigurasi kamera yang berbeda meskipun memiliki konsep kamera yang sama (lensa utama + lensa ultra-wide + lensa makro + lensa potret).

Perbedaan ini terletak cuma pada lensa utamanya, di mana realme 5 Pro menggunakan sensor Sony IMX 586 yang masih beresolusi 48 MP sedangkan realme XT memakai sensor Samsung ISOCELL Bright GW1 yang sudah beresolusi 64 MP.

Nah lalu apakah dengan beberapa kekurangannya realme 5 Pro enggak layak beli? Apakah realme XT jadi ponsel yang lebih tepat?

Jawabannya, pasti saja belum tentu. Bila kamu mempunyai dana yang terbatas tetapi membutuhkan kinerja mumpuni, realme 5 Pro tetap layak untuk dibeli. Sementara bila kamu butuh kemampuan fotografi yang lebih baik dan fitur yang lebih futuristik, realme XT bisa jadi pilihan yang lebih bagus.

  • Tabel Perbandingan realme 5 Pro Vs realme XT
  • Aspek realme 5 Pro realme XT
  • Layar IPS 6,3 inci Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel), Corning Gorilla Glass 3+ Super AMOLED 6,4 inci Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel), Corning Gorilla Glass 5
  • SoC Qualcomm Snapdragon 712 Qualcomm Snapdragon 712
  • RAM 4 GB/8 GB 4 GB/8 GB
  • Penyimpanan 128 GB 128 GB
  • Kamera Utama 48 MP + lensa ultra-wide 8 MP + lensa makro + lensa potret 64 MP + lensa ultra-wide 8 MP + lensa makro + lensa potret
  • Kamera Selfie 16 MP 16 MP
  • Fitur Dual Nano SIM, Bluetooth 5, Akselerometer, Giroskop, Sensor Fingerprint Dual Nano SIM, Bluetooth 5, Akselerometer, Giroskop, Sensor Fingerprint di dalam layar
  • Baterai 4.035 mAh, VOOC Flash Charge 3.0 4.000 mAh VOOC Flash Charge 3.0
  • OS Color OS 6 realme edition (Android 9 Pie) Color OS 6 realme edition (Android 9 Pie)
  • Harga Rp 2.999.000 (4 GB/128 GB)
  • Rp 3.699.000 (8 GB/128 GB) Rp 3.799.000 (4 GB/128 GB)
  • Rp 4.499.000 (8 GB/128 GB)