Cara Ikan Tidur Di Dalam Air, Banyak Yang Belum Tahu

Buat kamu yang bertanya tanya mengenai bagaimana cara ikan untuk tidur, kali ini kami bakal membagikan informasi tersebut, yuk kita simak.

Bukan cuma manusia dan hewan lainnya, ikan juga ternyata bisa tidur loh, namun caranya berbeda, kalau manusia dan hewan akan tertidur jika memejankan mata, lain halnya dengan ikan, yang tidak memiliki kelopak mata dan akan tertidur dengan cara mata yang terbuka.

Ikan juga tidak memasuki REM (rapid eye movement). Sesuai dengan spesies, cara tidur ikan berbeda-beda namun kebanyakan seperti ketika manusia sedang melamun. Beberapa ikan membuat sarang di dasar air seperti di dalam batu atau di dalam pasir.

Mereka tidak banyak bergerak dan menjaga dirinya tetap stabil di dasar air. Beberapa spesies menjadi begitu dalam tertidur hingga mereka dapat diangkat air tanpa bangun sama sekali. Pada sisi yang lebih eksotis, ikan yang disebut ikan nila benar-benar mengeluarkan banyak lendir yang mengelilinginya seperti tidur untuk melindungi dirinya.

Durasi tidur mereka juga tidak sama tergantung seberapa aktif kegiatan mereka dan faktor lingkungan lainnya. Ikan di dalam akuarium misalnya, dapat terpengaruh siklus tidurnya berdasarkan pencahayaan. Ada ikan yang justru tertidur ketika mendapat banyak cahaya dan sebaliknya.

Pola tidur ikan juga bisa berubah ketika mereka sedang bermigrasi, berpijah, dan mengurus bayi-bayi mereka. Ikan bahkan bisa mengalami gangguan tidur seperti manusia, insomnia. Untuk membuat ikan tertidur, tinggalkan mereka sendiri agar mereka merasa tenang dan rileks. Demikian seperti dilansir dari Sleep

Tinggalkan komentar