5 Teknologi dalam Film yang Diadopsi ke Dunia Nyata

Industri Film merupakan sebuah Industri yang sudah ada pada puluhan tahun yang lalu, di masa lalu film film sains telah menggunakan sebuah teknologi yang belum ada sebelumnya, namun berkat film lawas tersebut teknologi yang terdapat pada jaman dahulu telah diadopsi ke dunia nyata. Lalu teknologi apa saja kah itu? Yuk kita ulas satu per satu..

 

Digital Billboards

Teknologi dalam Film yang Diadopsi ke Dunia Nyata
Sumber gambar: image media outdoor

Papan digital atau digital billboard pernah muncul dalam film fiksi sains, Blade Runner, yang dirilis 1982. Film itu tampak memperlihatkan Los Angeles di 2019. Film menunjukkan digital billboard yang kini benar-benar nyata di perkotaan.

 

Holograms

Teknologi dalam Film yang Diadopsi ke Dunia Nyata
Sumber gambar: doc wire nees

Teknologi Hologram muncul dalam film Star Wars pada 1977. Teknologi yang menampilkan wujud 3D itu kini sungguh nyata dan dipakai untuk performa musik live dan laporan berita.

 

Perangkat CCTV

Pada 1949, George Orwell menulis buku “1984” dan memperkenalkan karakter bernama “Big Brother”. Big Brother merupakan diktator yang mengontrol populasi dengan cara memata-matai menggunakan kamera. Kini, di Inggris dilaporkan ada 4,2 juta kamera CCTV yang tersebar di kota besar.

 

Teknologi Ponsel dan Tablet

Star Trek
Sumber gambar: eswuire

Film Star Trek yang pertama mengudara pada 1966 menunjukkan ponsel seluler atau ponsel. Aktor dalam film itu bercakap-cakap menggunakan ponsel genggam. Film itu juga menampilkan perangkat tablet dan teknologi wearable yang kini populer.

 

Video Conference & Koran Digital

Video Conference & Koran Digital
Sumber gambar: melotronic

Jetsons merupakan kartun yang pertama kali muncul pada 1962. Dalam film itu, menampilkan visi masa depan, termasuk fitur video conference dan koran digital. Kini, dengan kamera depan pada perangkat mobile membantu pengguna berkomunikasi secara video call.