Kontroversi Penemuan Lampu Bohlam, Bukan Thomas Alva Edison?

Thomas Alva Edison adalah seorang Ilmuwan ternama yang berasal dari Amerika Serikat, pria jenius ini dikenal sebagai tokoh yang menemukan bohlam atau bola lampu yang sekarang menjadi penerang bagi seluruh umat di bumi, jasanya menemukan bohlam sampai dikenang sebagai penemuan terbaik yang pernah ada.

Namun, kabarnya penemuan lampu bohlam (bola lampu) sempat menimbulkan kontroversi sebelum Edison mendapat patennya di 1879. Karana 70 tahun sebelum Edison mendapatkan paten lampu bohlam, seorang ilmuan asal Inggris bernama Humphry Davy dikatakan telah menciptakan lampu listrik mentah pada 1802

Sejak tahun 1840 sampI 1880, paten diajukan namun dengan berbagai prototipe yang berbeda. Dari jumlah tersebut yang paling diragukan adalah milik Edison dan Inggris Joseph Wilson Swann, orang pertama yang meneliti bola lampu pada tahun 1870-an. Swann menyebabkan keos pada 1878 setelah ia mendemonstrasikan prototipe lampunya di Newcastle. Dia memegang kehormatan sebagai pemilik rumah pertama yang pernah diterangi dengan lampu listrik.

Dilain sisi, Edison sama sekali belum memulai penelitian tentang bohlam sampai tahun 1878. Namhn, ketika dia mulai melakukannya, ia segera membuat terobosan besar. Penemuan paling pentingnya adalah filamen tahan lama yang pertama kali dibuat dari karbon dan kemudian dari bambu dikarbonisasi. Baru setelah itulah bola lampu sanggup bertahan beberapa jam, hari, bahkan berbulan-bulan.

Kendati demikian, penemuan Edison sempat diragukan lagi karena adanya bola lampu yang lebih modern dan efisien. Maka dari itu, menunjuknya sebagai penemu tunggal lampu adalah pernyataan yang dibesar-besarkan.

Untuk pengetahuan, paten Edison sendiri hanya menjelaskan penemuan sebagai ‘perbaikan lampu listrik’. Penemuannya adalah yang bola lampu pertama yang terpercaya, tapi ketika berbicara tentang siapa yang menemukan bola lampu pertama, kredit harusnya dialamatkan pada Warren de la Rue yang merupakan pencipta pertama bohlam yang menjalankan listrik melalui filamen dalam tabung vakum disegel karena prestasinya sekira 38 tahun sebelum Edison pada 1840.