Tahukah Kamu Apa Itu FYP di TikTok?

Tahukah Kamu Apa Itu FYP di TikTok?

Tiktok merupakan aplikasi berbagi video yang menjadi salah satu paling populer di dunia maupun di Indonesia, kabarnya aplikasi asal tiongkok ini sudah mempunyai lebih dari 1 miliyar pengguna lho. oleh sebab itu dalam artikel ini mimin akan mengulas salah satu fitur atau mungkin istilah dari aplikasi tiktok ini yaitu FYP.

TAHUKAH KAMU APA ITU FYF?

Apa itu istilah FYP yang sering dipakai oleh TikTok? Ayok kita bahas satu per satu mulai dari kepanjangan kata dari istilah ini. Berdasarkan penelusuran yang mimin lakukan di berbagai macam sumber, FYP tampaknya kata ini merujuk ke kepada frasa For You Page.

For You Page sendiri adalah sebuah halaman utama TikTok yang akan ditampilkan pertama kali saat untuk buka aplikasi. Halaman tersebut berisi berbagai macam video rekomendasi yang udah disesuaikan dengan ketertarikan pengguna.

Kumpulan video yang ditunjukkan di halaman ini pula sepertinya bukan video asal-asalan. The Verge ungkapkan jika video-video ini adalah hasil kurasi yang dilakukan oleh pihak TikTok. Dalam proses eksplorasi mengenai For You Page, mimin sayangnya belum memperoleh jawaban yang pas mengenai bagaimana cara supaya video-video kita bisa masuk ke halaman tersebut.

Berdasarkan kesimpulan yang mimin temukan dari halaman Vice, TikTok memakai sebuah algoritma misterius yang mengkurasi video-video ini. Jadi tagar fyp, baik itu #foryou ataupun #foryoupage bahkan tampaknya enggak menjamin video kamu akan dimuat di halaman tersebut.

Akan tetapi mimin yakin jika akurasi yang dilakukan oleh TikTok ini mirip seperti halaman Explore di Instagram. Selama video kita bagus, menarik, dan sesuai dengan ketertarikan pengguna lain, maka video akan ditampilkan di halaman For You milik pengguna bersangkutan.

Sebagai tambahan informasi, FYP oleh beberapa orang dikaitkan pula dengan Fixed Your Post seperti yang digunakan di Twitter. Namun karena secara mendasar agak sulit untuk membetulkan unggah di TikTok, mimin percaya istilah FYP ini bukan merujuk kepada Fixed Your Post.