Cara Mudah Melihat Dan Membuka Titik Koordinat di Google Maps

Hallo sobat teknohits. kali ini mimin akan memberikan sebuah info menarik nih khusus untuk kamu yang mempunyai niat untuk melihat dan membuka titik koordinat pada layanan aplikasi google maps. Google maps sendiri merupakan sebuah layanan yang memungkinkan para pengguna bisa membagikan lokasi atau tempat lewat titik koordinat.

Sistem koordinat geografi sendiri adalah sistem yang dapat kamu pakai vuntuk tunjukan letak atau posisi suatu tempat di seluruh permukaan bumi dalam bentuk serangkaian huruf, angka dan simbol. Terdapat banyak penggambaran posisi yang dapat kamu gunakan dalam sistem ini, tetapi secara umum biasanya ditunjukkan dalam bentuk garis lintang, garis bujur, dan ketinggian sebagaimana pada Google Maps.

Nah meski kamu dapat membagikan data-data tersebut memakai sebuah tautan di layanan Google Maps, namun kamu pula dapat membagikanya secara langsung memakai titik koordinat supaya lebih akurat. Bagaimana cara melakukannya? Khusus untuk kamu yang tertarik untuk memakai titik koordinat untuk membagikan lokasi di Google Maps, mari kita bahas caranya berikut ini.

Jadi. Agar bisa bagikan blokasi dengan titik koordinat, langkah pertama yang dapat kamu tempuh yaitu dengan cara melihat titik koordinat itu sendiri. Ada pulang pada layanan Google Maps, kamu dapat melakukannya secara langsung dari dalam aplikasi.

Buka aplikasi Google Maps di smartphone, selanjutnya kamu tinggal cari tempat yang akan dibagikan. Ketuk dan tahan beberapa saat pada tempat tersebut sampai muncul tanda pin lokasi berwarna merah dan muncul keterangan mengenai tempat tersebut (Dropped Pin) di bagian bawah.

Bila sudah, kamu dapat melihat titik koordinat tempat tersebut pada kolom pencarian di bagian atas halaman Google Maps. Salin titik koordinat tersebut untuk simpan ataupun membagikannya secara langsung.

Dalam metode yang lain, kamu juga dapat menemukan titik koordinat ini dengan mengetuk kolom keterangan Dropped pin. Titik koordinat tempat itu akan tercantum di sebelah ikon pin di bagian bawah. Kamu dapat gulirkan layar jika ikon belum muncul.

Sementara untuk kamu pengguna yang memakai Google Maps di peramban desktop atau komputer, bisa lebih mudah untuk melihatnya. Kamu dapat lihat titik koordinat hanya dengan mengetuk tempat yang dimaksud. Jika kamu berhasil, nantinya akan muncul sebuah keterangan tentang lokasi sekaligus titik koordinatnya di bagian bawah. Kamu dapat mengetuknya untuk memperoleh informasi yang lebih banyak.

Bagaimana cara menggunakannya? Untuk memakai titik koordinat ini, kamu cuma perlu untuk menuliskannya di bagian kolom pencarian Google Maps lalu menekan tombol Enter.

Akan tetapinperlu diingat, Google Maps telah dukung sebuah format Degrees, Minutes and Seconds (DMS) seperti 41°24’12.2″N 2°10’26.5″E, Degrees and Decimal Minutes (DMM) seperti 41 24.2028, 2 10.4418 dan Decimal degrees (DD) seperti 41.40338, 2.17403.

Oleh sebab itu agar berhasil mencari lokasi dengan metode-metode penulisan tersebut, kamu kudu mengikuti beberapa format penulisan titik koordinat yang benar di layanan Google Maps. Pertama, kamu pakai derajat alih-alih huruf “d”. Kedua, pakai tanda titik (.) bukan koma (,) untuk buka angka desimal. Ketiga, cantumkan koordinat lintang terlebih dulu baru diikuti koordinat bujur.