Review Realme 5i | HP Khusus Anak Muda

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada. kembali lagi bersama mimin yang akan coba mengulas atau mereview salah satu smartphone buatan realme yaitu Realme 5i yang tentunya menjadi salah satu smartphone paling populer di kalangan anak mudah karena mempunyai sebuah kualitas kamera yang luar biasa, oleh karena itu yuk langsung saja kita ulas berikut ini.

Review realme 5i Kamera

realme 5i mempunyai 4 kamera belakang yang tentunya akan bikin HP realme 5i lebih fleksibel untuk kamu pakai dalam berbagai skenario pemotretan yang butuh lensa berbeda supaya hasilnya tetap menarik. Bersamaan dengan itu pula terdapat kamera depan 8MP yang telah dilengkapi teknologi Artificial Intelligence supaya bisa memperoleh foto selfie yang lebih optimal.

Dapat dikatakan kamera smartphone bawa kemudahan dalam berbagai hal mulai dari abadikan momen hidup hingga digunakan sebagai alat mencatat suatu informasi. Oleh sebab itu kamera adalah sebuah segmen yang enggak boleh dilakukan setengah hati sob.

Menyadari akan hal ini, tentunya realme juga telah memberikan berbagai kelebihan fotografi yang mumpuni pada realme 5i untuk manfaatkan oleh para penggunanya.

Lensa 12MP yang dipunyai oleh realme 5i ini terlihat bisa hasilkan karya foto dengan detail yang baik. Bahkan tulisan yang terdapat masih terlihat jelas setelah tanpa harus lakukan pembesaran jadi sebuah bukti jika lensa tersebut sangat mumpuni dalam menangkap detail.

Enggak ketinggalan pula sebuah fitur Chroma Boost yang jadi andalan realme dalam kasih sebuah warna yang lebih nendang. Dengan begitu foto tidak perlu repot-repot disunting lagi sebab sudah siap untuk dibagikan ke orang lain.

Dari foto-foto di atas dapat terlihat jelas sekali jika lensa ultra-wide angle 8MP dapat tangkap lebih banyak obyek dalam satu bingkai berkat kemampuannya yang mempunyai sudut pandang hingga 119 derajat. Hasilnya dapat memperoleh sebuah pemandangan yang terlihat lebih lengkap dan sempurna.

Enggak cuma bisa memotret area luas saja, realme 5i pula dapat diandalkan untuk mengambil foto obyek dari jarak dekat hingga 4 cm. Misalnya saja pada foto di atas, tetesan air ataupun sebuah detail dari mainan masih bisa terlihat dengan sangat jelas sekali walau diambil dari jarak sangat dekat.

Fitur ini pula bahkan dapat dikombinasikan dengan Chroma Boost untuk memberikan warna yang lebih cerah lagi karena Ultra Macro membutuhkan pencahayaan yang banyak supaya tetap terlihat optimal.

realme pula telah menyematkan lensa potret yang bisa berikan banyak efek tambahan seperti latar buram maupun hitam putih. Lewat lensa potret ini, hasil jepretan bisa kamu lihat lebih artistik dan unik dibandingkan sekedar memakai mode Auto saja.

Salah satu fitur andalan realme, Super Nightscape 2.0, kembali hadir pada smartphone terbarunya. Kemampuan fitur yang satu ini rasanya tidak perlu diragukan lagi karena hasil foto malam hari jelas sekali tampak lebih menawan dan jelas. Lensa utama realme 5i yang sudah bagus pada kondisi mini cahaya dapat disempurnakan lebih jauh lagi melalui Super Nightscape 2.0 ini.

Berkat kehadiran teknologi AI, harus kamu akui jika kamera depan dari realme 5i tergolong berhasil dalam memproduksi foto selfie yang bagus dan detail. Ditambah lagi ada pula sebuah efek bokeh dan beautify yang bisa dipakai bila mau foto terlihat lebih menarik.

Melihat dari hasil foto-foto tersebut, kamera belakang ataupun depan realme 5 memang jelas memberikan kemampuan yang mumpuni. Hasil foto yang diambil oleh realme 5i dipastikan sudah sangat pantas untuk dipajang di halaman media sosial.

Agar penggunanya dapat berfoto ria dalam waktu yang lama, realme pun membenamkan baterai dengan kapasitas 5.000mAh di dalam smartphone ini. Sebagai pengguna yang paling tidak suka harus selalu mengisi ulang daya baterai smartphone, tentu saya sangat senang dengan keputusan realme untuk menghadirkan baterai berkapasitas besar untuk realme 5i.

Bagaimana tidak, realme 5i ternyata mampu bertahan selama 15 jam 55 menit ketika saya uji menggunakan aplikasi PCMark for Android di tingkat kecerahan layar 50%. Angka yang cukup tinggi mengingat tes yang dilakukan merupakan simulasi dari aktivitas pengguna pada umumnya.

Tidak berhenti di situ saja, pengguna melakukan pengujian lanjut secara nyata. Saat dipakai untuk menonton streaming YouTube selama 3 jam, baterai dari realme 5i hanya terkuras 11%. Hasil ini tentunya membuat pengguna semakin penasaran akan kemampuan daya tahan baterainya.

Dari segi performa, realme 5i diotaki oleh chipset Qualcomm Snapdragon 665 AIE Octa-Core yang mempunyai teknologi kecepatan hingga 2.0GHz. Berkat diproduksi memakai teknologi fabrikasi 11nm, chipset ini memiliki sebuah kinerja yang kuat dengan konsumsi daya yang lebih efisien.

Ditemani oleh RAM 4GB serta penyimpanan internal 64GB, realme 5i hadirkan performa yang sangat mumpuni untuk menjalankan segala jenis aplikasi masa kini. Bahkan pengguna dapat melakukan aktivitas multitasking dengan nyaman tanpa harus menunggu aplikasi dimuat ulang ketika berpindah-pindah.

Chipset Snapdragon 665 ini pula dilengkapi GPU Adreno 610 untuk menunjang segala kebutuhan olah grafis serta mempunyai mesin kecerdasan buatan generasi ketiga. Dengan begitu, chipset tersebut bisa menjalankan segala jenis aplikasi berat apapun itu jenisnya.

Kinerjanya yang bertenaga pula terbuktikan oleh pencapaiannya dalam tes AnTuTu v8 yang meraih skor 172.940 poin. Enggak cuma itu saja, realme 5i pula memperoleh 1.534 poin untuk Single-Core dan 5.561 poin untuk Multi-Core saat diuji menggunakan Geekbench 4.

Melihat dari skor yang didapat oleh realme 5i pada aplikasi benchmark tersebut, tidak mengherankan kalau smartphone ini mampu saya bawa bermain game dengan sangat nyaman. Contohnya saja, saya bisa bermain game Mobile Legends di pengaturan grafis High dengan mode HFR aktif yang tidak semua smartphone bisa lakukan.