Cara Download Google Sheet di Laptop yang Mudah Diterapkan

Google sheet merupakan spreadsheet layanan dokumen khusus. User dapat melakukan apa saja yang mirip dengan fungsi excel dari microsoft. Akan tetapi, platform ini tersedia khusus online sehingga membutuhkan internet. Disisi lain, ada cara download Google sheet di laptop yang berguna jika ingin menyimpan file secara offline.

Google sheets telah mendapat terutama fitur yang hampir setara dengan excel. Untuk kebutuhan sederhana, Anda dapat memakainya langsung dan berbagi akses dengan pengguna lain. Keunggulan platform ini adalah praktis dan dapat diakses dari mana saja.

Beberapa Cara Download Google Sheet di Laptop

Banyak yang ingin mengetahui cara download Google sheet di laptop. Langkah pertama adalah memahami terlebih dahulu bagaimana platform ini bekerja. Sebenarnya, yang dimaksud dengan unduhan adalah menyimpan file hasil edit dari Google sheet di laptop atau komputer.

Perlu Anda ketahui, Google docs tidak memiliki versi desktop atau PC sehingga tidak dapat langsung di install. Platform ini berjalan secara online di mana pengguna perlu koneksi lalu membuka Google docs atau drive. Akan tetapi, versi desktop dari driver tersedia yang bekerja sama dengan folder di PC. Anda dapat mengakses dan mengunduh Google sheet dari layanan tersebut.

  1. Unduh dari Google docs

    Unduh dari Google docs
    Sumber gambar : wikihow
  • Buka Google dokumen
  • Pilih tipe file misalnya sheets
  • Lembar awal muncul lalu buat baru atau pilih yang sudah ada
  • File sheet siap di edit
  • Pilih menu file lalu unduh
  • Pilih format hasil unduhan
  • Proses download berlangsung dan file tersimpan di laptop

Sebelum menggunakan Google docs, Anda perlu sign-in ke akun Google. Tujuannya adalah menerima akses editing di semua platform tersebut. Saat orang lain share sheets, akses ada dua yaitu edit dan view. Jika bukan bagian dari edit, Anda tidak dapat mengubah konten langsung di sheet.

Solusinya adalah mengunduh berkas tersebut sesuai dengan prosedur yang telah disebutkan sebelumnya. Selain format excel, Google memberikan opsi format lain. Contohnya adalah pdf, ods, html, csv, dan lainnya. Pilih format sesuai kebutuhan.

  1. Cara Download Google Sheet melalui Drive

    Cara Download Google Sheet melalui Drive
    Sumber gambar : keren

Cara download Google sheet di laptop berikutnya berguna untuk file yang sudah tersedia di Google drive. Simak prosedur berikut ini.

  • Instal drive untuk PC dan lakukan sinkronisasi
  • Buka aplikasi googledrive dan cari file spreadsheet
  • Jika belum ada, upload file dari laptop
  • Klik kanan file tersebut dan buka sebagai sheet
  • Edit online di Google docs
  • Pilih menu file dan download

Ada beberapa hal menarik saat memakai sheet terutama setelah update dan upgrade dari Google. Di versi awal, Google docs hanya sebatas tampilan dan berkembang dengan fitur share dan edit. Saat ini, platform tersebut telah kompatibel saat harus membuat konten berbasis Ms Office.

Yang menarik, formula yang dipakai di excel juga tersedia di sheets. Artinya, pengguna tidak akan kehilangan format awal setelah proses selesai diunduh. File hasil yang baru sayja didownload dapat digunakan secara offline dengan format yang sama. Tentu saja, keunggulan dari Google sheet adalah tidak merepoting saat harus diedit dimana saja termasuk melalui smartphone.

Dari apa yang telah dijelaskan, Anda telah memahami proses dan prosedur cara mendownload Google sheet di laptop. Untuk mengunduh, siapkan internet dengan koneksi lancar sehingga tidak bermasalah. Selain sheet, masih ada fitur lain di Google docs seperti slide dan form. Cara download tidak berbeda karena semuanya berada di platform yang sama.

Tinggalkan komentar