Keunggulan dan Kelemahan Vivo Y30, HP Sultan?

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada kembali lagi bersama mimin yang akan coba mengulas atau mereview salah satu smartphone yaitu Vivo Y30 yang tentunya jadi salah satu smartphone paling dicari di kalangan anak mudah karena memiliki spesifikasi yang luar biasa, oleh karena itu yuk langsung kita ulas berikut ini.

Kelebihaan Vivo Y30

Diganjar dengan harga Rp 2.799.000, vivo Y30 udah dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000mAh yang diklaim vivo bisa bertahan seharian dalam pemakaian normal. Smartphone ini pula memiliki sebuah fitur Reverse Charging yang bikin bisa jadi powerbank untuk mengecas perangkat mobile lainnya.

Berikutnya, kapasitas penyimpanan internal yang dipunyai oleh produk ini bisa dibilang besar sebab mencapai 128 GB. Dengan kata lain, kamu bisa simpan banyak aplikasi, game, dokumen, foto, video, atau musik sekaligus. Meski kapasitas internalnya udah besar, namun vivo tetap hadirkan slot kartu microSD hingga 128 GB. Sementara RAM 4 GB yang dibenamkan pada produk ini bisa dukung kinerja multitasking dari aplikasi yang dijalankan.

Sebagai salah satu nilai tambah, vivo Y30 dilengkapi dengan empat kamera belakang yang memiliki kombinasi kamera utama 13 MP, ultrawide 8 MP, sekunder 2 MP, dan makro 2 MP. Sedangkan kamera depannya mempunyai resolusi 8 MP.

Layar yang diberikan smartphone ini bisa dibilang lega sebab memiliki lebar 6,47 inci dengan desain Ultra O penuh ditambah punch hole di bagian kiri atasnya. Bukan cuma itu, layarnya sudah memakai teknologi IPS LCD dengan resolusi HD+ (1560 x 720 piksel).

Sensor fingerprint dan Face Unlock pun telah disematkan pada produk ini sehingga mudahkan penggunaan kunci tanpa harus memasukkan password. Sementara dukungan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, GPS, dan Funtouch OS 10 basis Android 10 sudah hadir pada vivo Y30.

Kekurangan vivo Y30

Pihak vivo benamkan sebuah chipset yang bisa dikatakan kurang bertenaga untuk smartphone dengan harga di kisaran di atas Rp 2,5 juta. Sebagai perbandingan, perusahaan lain udah menyematkan chipset yang lebih cepat untuk produk di kisaran harga ini seperti Snapdragon 665, Snapdragon 710, MediaTek Helio G70, Helio G80, dan Helio G85.

Sementara itu, vivo pula cuma hadir fitur 10W Charging pada vivo Y30 sehingga pengisian daya baterainya akan memakan waktu lebih lama. Padahal, beberapa smartphone di kelas yang sama udah memakai pengisian daya cepat 18W.