Manfaat Gunung Berapi Bagi Kehidupan Di Bumi

Dibalik sebuah ancaman menakutkan dari gunung berapi atau gunung yang sedang aktif, karena mungkin saja sewaktu waktu akan mengeluarkan lava panasnya saat sedang erupsi. Gunung berapi juga memiliki dampak destruktif yakni dapat mengubur dan menghanguskan ribuan mahluk yang ada di bumi.

 

Namun, terlepas bahanyanya gunung berapi. Terdapat manfaatnya juga loh guys. Berikut dilansir Universe Today.

Manfaat yang pertama letusan gunung berapi ini yaitu dapat menghasilkan abu yang memiliki nutrisi bagi tanah. Dengan elemen yang dibawa abu tersebut, berdampak pada kesuburan tanah yang lebih baik setelah terpapar abu vulkanik.

Bukan cuma itu saja, manfaat selanjutnya adalah saat magma dilepaskan, unsur yang melimpah dikeluarkan oleh gunung berapi ialah silika dan oksigen. Letusan juga mengakibatkan pelepasan air, karbon dioksida (CO2), sulfur dioksida (SO2), hidrogen sulfida (H2S), dan hidrogen klorida (HCI).

Bukan cuma itu guys, masih banyak manfaatnya yakni batuan yang dikeluarkan pada saat terjadi letusan juga mengandung zat besi, magnesium dan juga kalium. Adapun jenis batuan yang biasanya terdapat pada saat erupsi ialah protolivine, piroksen, amphibole, dan feldspar. Oleh karena itu, tanah yang dekat dengan lokasi erupsi memiliki lahan yang lebih subur.

Adapun beberapa elemen dan logam mulia yang dimiliki oleh gunung berapi ialah seng, perak, tembaga, emas, dan uranium. Unsur elemen dan logam mulia tersebut bermanfaat untuk penggunaan perangkat mesin eketronik, tenaga nuklir, dan penelitian kedokteran.

Bahkan beberapa batuan yang memiliki nilai ekonomis seperti opal, obsidian, batu akik api, flourite, gypsum, onyx, hematit, dan lainnya berasal dari hasil erupsi gunung berapi yang ada di sekitarnya.