Tahukah Kamu, Mengapa Darah Berwarna Merah?

Tahukah Kamu, Mengapa Darah Berwarna Merah?

Darah merupakan cairan merah yang keluar dari tubuh manusia atau hewan yang sedang terluka, namun pernahkan kamu berpikir kenapa warna darah itu berwarna merah? Kenapa tidak berwarna putih atau berwarna ungu? Untuk mengetahuinya, yuk kita lihat penjelasannya dibawah ini.

Dilansir laman Scienceline.ucsb, Yang menyebabkan darah berwarna merah karena di dalam darah terdapat protein yang dinamakan hemoglobin. Setiap protein hemoglobin itu terbuat dari sub unit yang dinamakan hemes. Nah, Hemes inilah yang menjadikan darah berwarna merah guys.

Untuk lebih detailnya, hemes bisa mengikat molekul besi dan molekul besi ini mengikat oksigen. Sel-sel darah berwarna merah karena interaksi antara besi dan oksigen. Salah satu hal yang penting bagi darah adalah fungsinya membawa oksigen. Karena, saat darah mengalir melalui paru-paru, darah mengambil oksigen untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Saat semua oksigen sudah dipakai, maka darah akan kembali ke paru-paru untuk mengambil lebih banyak oksigen. Menurut Wikipedia, manusia mempunyai sistem peredaran darah tertutup yang berarti darah mengalir dalam pembuluh darah dan disirkulasikan oleh jantung.

Darah dipompa oleh jantung menuju paru-paru untuk melepaskan sisa metabolisme berupa karbon dioksida dan menyerap oksigen melalui pembuluh arteri pulmonalis, lalu dibawa kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Darah juga mengangkut bahan sisa metabolisme, obat-obatan dan bahan kimia asing ke hati untuk diuraikan dan dibawa ke ginjal untuk dibuang sebagai air seni.