5 Fakta Unik Capung, Hewan Yang Sudah Langka

Buat kamu yang tinggal di kota tentu jarang menemukan hewan yang nampaknya sudah langka ini, ya. Capung, serangga yang mempunyai ciri sayap yang panjang dan bola mata yang besar ini sudah jarang dijumpai di daerah perkotaan, bahkan di desa saja capung sudah jarang terlihat, meskipun sesekali menampakkan diri pada siang hari di area persawahan.

 

Namun tahukah kamu 5 fakta unik yang dimiliki hewan ini? Yuk kita bahas..

 

Makanan Capung

 Fakta Unik Capung, Hewan Yang Sudah Langka
Sumber gambar: grid.id

Ternyata Capung merupakan hewan karnivora atau pemakan daging loh. Capung biasa memakan nyamuk, semut, rayap, lebah, kupu-kupu maupun lalat. Ia juga gemar memakan larva, berudu, dan ikan-ikan kecil. Capung dewasa mampu memakan hingga 50 ekor nyamuk dalam sehari.

 

Kemampuan Terbang

Capung memiliki kemampuan yang luar biasa dalam hal terbang seperti burung. Ia mampu mengepakkan sayap sekitar 30 kali per detik dengan kecepatan terbang mencapai 100 km/jam.

Hewan mungil ini juga memiliki otot terbang yang kuat dan sayap yang bisa bergerak secara independen. Sayap capung memiliki tekstur bergelombang yang berfungsi membantu mendeteksi angin untuk membantunya terbang.

 

Penglihatan

 Fakta Unik Capung, Hewan Yang Sudah Langka
Sumber gambar: hipwee

Capung dapat membedakan cahaya warna, ultraviolet, dan cahaya terpolarisasi. Kemampuan itu memungkinkannya mendeteksi refleksi dalam air. Setiap mata majemuk capung mengandung sekitar 30 ribu lensa individu. Selain itu, mereka memiliki sudut pandang penglihatan 360 derajat karena posisi mata mereka.

 

Kebiasaan Kawin

Capung jantan dikenal sangat teritorial dengan mengklaim wilayah tertentu di tepi sungai, kolam, dan badan air lainnya. Tak heran jika dua capung kerap terlihat saling mengejar satu sama lain untuk berebut wilayahnyawilayahnya.

Capung menjalani proses yang kompleks saat kawin. Pasangan capung nampak melekat satu dengan lainnya sambil terbang pada waktu yang sama.

 

Menyukai Air

 Fakta Unik Capung, Hewan Yang Sudah Langka
Sumber gambar: kumparan

Capung lazimnya ditemukan di dekat badan air seperti kolam, danau, sungai berarus lambat, ataupun tanah basah lainnya. Tempat-tempat tersebut dianggap nyaman bagi capung untuk berlindung. Adapun rentang hidup capung dewasa berlangsung sangat singkat yaitu hanya sekitar satu bulan.

Tinggalkan komentar