Trik Jitu Foto Kamera Depan iPhone Tidak Terbalik

Trik Jitu Foto Kamera Depan iPhone Tidak Terbalik

Untuk kamu pengguna iPhone tentu saja sudah tahu jika saat kamu melakukan foto selfie menggunakan aplikasi bawaan iPhone selama ini akan terlihat sebagai hasil pencerminan kamera depan itu membuat kamu dan yang melihat hasil kamera kamu terasa aneh untuk banyak pengguna.

Seolah menyadari hal ini, Apple sebagai vendor saat kini telah memberikan sebuah fitur bernama “Mirror Front Camera” melalui pembaruan iOS 14 yang mungkinkan kamu untuk membalik foto selfie secara otomatis tanpa perlu memasang kamera dari pihak ketiga.

Bagaimana cara mengaktifkannya? Untuk kamu yang merasa terganggu dengan hasil foto kamera depan iPhone sebelumnya, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya!

Cara Mengaktifkan Fitur Mirror Front Camera

Supaya kamu bisa memakai fitur Mirror Front Camera, kamu pertama harus terlebih dahulu memastikan jika perangkat yang akan digunakan sudah menjalankan sistem operasi iOS 14. Jika belum, kamu wajib memperbarui sistem operasi terlebih dahulu bagi perangkat yang mendukungnya.

Setelah selesai memperbarui sistem, kamu berikutnya bisa mengatur fitur baru iOS tersebut melalui Settings, kemudian menggulirkan layar ke bawah dan masuk ke bagian Camera, lalu mencari sub-bagian Composition.

Pada sub-bagian ini, kamu tinggal tekan opsi Mirror Front Camera untuk menggeser tombol ke posisi aktif supaya iPhone secara otomatis membalik foto depan yang pada sebelumnya terlihat sebagai pencerminan kamera.

Jika tombol Mirror Front Camera sudah aktif, kamu berikutnya dapat mencoba mode kamera depan iPhone yang dipakau untuk melihat apakah sudah sukses melakukannya atau belum.

Fitur Mirror Front Camera sayangnya cuma ada secara terbatas pada beberapa handphone baru Apple seperti iPhone XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max, atau yang lebih baru. Secara sederhana, kamu yang memakai iPhone X dan yang lebih lawas tentu tidak akan menemukan opsi baru Mirror Front Camera di bagian Setting meski sudah memasang iOS 14 sekalipun.

Oleh sebab itu, kamu yang mempunyai perangkat iPhone tanpa dukungan Mirror Front Camera cuma dapat membalik foto secara manual menggunakan fitur Flip pada aplikasi photos sebagai alternatifnya.

Cara memakai Fitur Flip Foto

Untuk membalik secara manual, kamu cuma perlu membuka foto selfie yang sudah berhasil diabadikan dengan aplikasi Photos kemudian mengetuk tombol Edit dan pilhh opsi Crop.

Kamu berikutnya bisa pilih sebuah opsi Flip yang muncul di bagian pojok kiri atas halaman editor Photos lalu lalu ketik tombol Done ketika foto selfie sudah berhasil dibalik.

Selain memakai metode di atas, kamu pula dapat memanfaatkan beberapa aplikasi kamera dari pihak ketiga yang memiliki dukungan tersebut maupun aplikasi-aplikasi media sosial seperti WhatsApp, Telegram, atau lainnya.