MediaTek Helio G80 Vs Qualcomm Snapdragon 665 | Mana yang Terbaik?

MediaTek Helio G80 Vs Qualcomm Snapdragon 665 | Mana yang Terbaik?

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada. kembali lagi bersama mimin disini yang akan selalu memberikan sebuah info menarik seputar dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas perbandingan dua dua chipset mediatek dan Qualcomm yaitu xiaomi yaitu MediaTek Helio G80 dan Qualcomm Snapdragon 665 yang menjadi primadona di kalangan anak remaja.

Secara mendasar, Helio G80 dan Snapdragon 665 merupakan dua chipset dengan CPU dan GPU yang berbeda. Oleh sebab itu, di atas kertas keduanya akan memberikan sebuah pengalaman sedikit berlainan saat dipakai.

Helio G80 yang hadir belakangan sudah mengemas CPU lebih mutakhir dalam hal tersebut. Chipset ini tercatat bawa sebuah kombinasi dua buah ARM Cortex-A75 dan enam buah Cortex-A55 yang notabene lebih baru daripada Qualcomm Kryo 260 pada Snapdragon 665.

Dikarenakan Kryo 260 masih andalkan Cortex-A73 untuk versi Gold dan Cortex-A53 untuk Silver, maka Helio G80 secara teknis tentunya menawarkan sebuah kinerja dan efisiensi yang jauh lebih baik. GPU ARM Mali G52 MC2 yang menggunakan Helio G80 juga menawarkan sebuah kemampuan pengolahan grafis untuk bermain game secara berbeda dari GPU Qualcomm Adreno 610 punya Snapdragon 665.

Perbedaan kedua chip ini yaitu ada di pada kemampuan download pada modem yang digunakan. Helio G80 memiliki modem dengan Downlink Cat. 7 sementara Snapdragon 665 memiliki Cat. 12. Kecepatan download LTE Cat. 7 tercatat cuma bisa menembus 220 Mbps dimana lebih lambat bila dibandingkan dengan Cat. 12 yang mempunyai batas maksimal hingga 600 Mbps.

Untuk mengemas semua jenis komponen di dalamnya, Helio G80 pula masih andalkak teknologi fabrikasi 12nm sedangkan Snapdragon 665 sudah 11nm. Yang mana enggak dapat dipungkiri, semakin kecil prosesnya maka chip bisa berjalan secara lebih efisien.

Selain keempat perbedaan di atas, aspek lain dalam kedua chip ini seperti kemampuan ISP (Image Signal Processor) untuk olah sinyal kamera bisa dikatakan cukup setara.