Cara Install Ulang Laptop Dengan Flashdisk yang Benar
Sumber gambar: blog dimensi data

Cara Install Ulang Laptop Dengan Flashdisk yang Benar

Tahukah Anda bagaimana cara install ulang laptop yang benar? Install ulang merupakan hal yang banyak dilakukan oleh pengguna laptop. Mereka memutuskan menginstall ulang karena mengalami masalah tertentu. Sebagai contoh adanya virus yang sudah cukup parah, ataupun aplikasi yang terlalu banyak.

Apabila kondisi tersebut terjadi pada laptop, maka kinerja dari perangkat ini tidak akan maksimal. Perlu Anda pahami sebelumnya, proses ini tidak akan menyebabkan hilangnya data dari memori Anda. Namun demikian, tidak ada salahnya jika melakukan back up file terlebih dahulu.

Inilah Cara Install Ulang Laptop Windows 10 dan 7 

  1. Melakukan Persiapan Awal

Cara Install Ulang Laptop Dengan Flashdisk yang Benar
Sumber gambar: winpoin

Cara install ulang laptop sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengikuti setiap langkahnya dengan cermat agar tidak melakukan kesalahan. Sebagai langkah awal, Anda bisa memastikan terlebih dahulu bagaimana kondisi dari baterai laptop. Untuk mengantisipasi terhambatnya proses instalasi, maka sebaiknya sambungkan saja laptop ke sumber listrik.

Hal tersebut dilakukan supaya proses instalasi tidak berhenti di tengah jalan. Sebab, waktu yang diperlukan untuk melakukan proses instalasi ini bisa cukup lama. Dengan demikian, Anda tidak boleh melewatkan tahapan yang satu ini.

  1. Membuat Media Instalasi

Cara Install Ulang Laptop Dengan Flashdisk yang Benar
Sumber gambar: termas media

Pembuatan media instalasi dilakukan ketika Anda sudah memperoleh file ISO. File tersebut bisa didapatkan dengan mengunduhnya lewat situs resminya. Media instalasi yang bisa digunakan diantarnya CD, USB Flashdisk, maupun DVD. Ketika menggunakan USB Flashdisk, maka data yang ada di dalamnya harus dihapus terlebih dahulu.

Untuk membuat media instalasi, Anda bisa memakai aplikasi bernama RUFUS. Aplikasi tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah, yakni dengan cara mengunduh pada situs resmi yang telah tersedia. Bahkan untuk mendapatkannya tidak perlu adanya pembayaran.

  1. Back Up File yang Tersimpan di Drive C

Cara Install Ulang Laptop Dengan Flashdisk yang Benar
Sumber gambar: download software gratis

Ketika akan melakukan perubahan tertentu pada sebuah perangkat termasuk laptop, maka diperlukan proses back up file yang tersimpan di Drive C. Sedangkan untuk file yang ada di drive yang lain, Anda tak harus melakukan back up, sebab file dalam drive tersebut tidak akan terdampak, ketika proses install yang dilakukan sudah benar.

  1. Menyimpan Serial Number

Serial number diperlukan agar program yang ada di laptop bisa digunakan kembali ketika Anda telah melakukan cara install ulang laptop hingga selesai. Serial number bisa dicatat secara manual maupun memanfaatkan tool tertentu. Dengan menggunakan tool maka akan berlangsung proses scan pada aplikasi yang ada serta mendaftarkan serial number setiap aplikasi.

  1. Mempersiapkan Driver

Supaya perangkat keras dari laptop bisa berjalan dengan baik, maka diperlukan adanya driver. Namun, hal ini tidak diperlukan jika Anda menggunakan windows 10 ataupun jika koneksi internet laptop Anda mudah. Anda bisa memperoleh driver dari berbagai sumber, menyalin, mengunduh sendiri, ataupun dengan datang ke tempat service laptop.

  1. Proses Install Ulang

Cara Install Ulang Laptop Dengan Flashdisk yang Benar
Sumber gambar: blog dimensi data

Tahapan ini dimulai dengan masuk ke pengaturan, kemudian pilih menu update & security. Dalam menu tersebut akan terdapat pilihan recovery. Pada pilihan tersebut, ada dua pilihan, yakni advance start up dan reset this PC. Kemudian tekan tombol get started pada pilihan reset this PC.

Setelah itu, pada jendela akan tampak proses reset. Di sini Anda dapat memilih jenis instalasi yang ingin Anda lakukan. Kemudian akan ada instruksi yang perlu Anda ikuti. Ikuti saja setiap instruksi tersebut hingga selesai.

Itulah cara install ulang laptop yang bisa Anda lakukan. Dengan demikian, Anda bisa melakukan proses install ulang sendiri tanpa harus mengeluarkan sejumlah uang ke tempat service. Anda hanya perlu memperhatikan dan mengikuti setiap tahapan sesuai dengan instruksi.