Serangkaian Cara Login Wifi Id di Laptop Untuk Pemula

Cara login Wifi Id di laptop menjadi salah satu bahan yang banyak dicari. Sebab penggunaan wifi dianggap lebih irit jika dibandingkan menggunakan kuota pribadi. Meskipun hal ini mengharuskan orang-orang untuk datang langsung ke suatu gerai yang menjual voucher wifi.id, tidak menjadi sebuah masalah.

Hal itu disebabkan karena mereka bisa mendapatkan koneksi internet yang lancar selama seharian tanpa perlu khawatir sinyal yang buruk. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi beberapa pihak, terutama mereka yang sedang membutuhkan banyak referensi. Sehingga mengharuskan dirinya untuk lama berselancar di internet.

Tutorial Login Wifi Id di Laptop Dengan Mudah

  1. Menyalakan Laptop dan Mencari Alamat SSI

Menyalakan Laptop dan Mencari Alamat SSI
Sumber gambar: gadgetren

Sebelum login wifi id, maka Anda harus menyalakan laptop terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat mencari alamat SSID yang ada di koneksi wifi. Pastikan sudah terdapat sinyal @wifi.id dalam barisan koneksi wifi yang ada. Pilihlah koneksi tersebut, dengan cara mengkliknya agar tersambung.

Tunggu hingga laptop Anda tersambung dengan jaringan wifi id. Perlu Anda pahami, di tahap awal ini belum memerlukan penggunaan password. Selain itu, waktu yang diperlukan agar laptop tersambung dengan jaringan wifi juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Walaupun laptop Anda sudah tersambung dengan jaringan wifi id dan telah terdapat keterangan “connected”, masih harus diperhatikan apakah terdapat tanda seru berwarna kuning atau tidak. Jika ternyata ada tanda tersebut, menandakan bahwa laptop belum bisa terkoneksi internet meskipun telah terhubung ke wifi id.

  1. Cara Login WiFi ID Dengan Memasukan Username dan Password

Menyalakan Laptop dan Mencari Alamat SSI
Sumber gambar: sinday.id

Username dan password diperoleh dari voucher yang telah dibeli sebelumnya. Cara login Wifi Id di laptop sebenarnya cukup simple, karena kuncinya Anda harus memiliki voucher wifi id. Gosoklah hologram yang ada pada voucher tersebut menggunakan sebuah koin dengan perlahan, agar tidak merusak tulisan di baliknya.

Sebelum memasukkan username dan password, pastikan dahulu bahwa sudah muncul pop up di sisi kanan bawah yang bertuliskan “additional log on information may be required” dengan simbol berbentuk dua buah desktop di sisi kiri layar. Klik notifikasi tersebut sebelum hilang. Kemudian Anda akan diarahkan ke browser untuk mengisikan username dan password.

Akan tetapi, jika setelah Anda mengklik notifikasi tersebut, namun tidak masuk ke aplikasi browser tertentu, maka Anda dapat membuka aplikasi browser yang ada di laptop, baik itu Chrome, Mozilla Firefox, Opera, UC, maupun browser yang lain. Lalu masukkan secara manual, “wifi.id”  di kolom address bar dan tekan enter.

Tunggu sejenak hingga layar menunjukkan tampilan untuk masuk di laman wifi.id. Setelah itu lakukan cara yang sama ketika muncul laman ini secara otomatis, yakni masukkan username dan password yang berasal dai voucher yang sebelumnya sudah dibeli.

  1. Proses Konfirmasi

Menyalakan Laptop dan Mencari Alamat SSI
Sumber gambar : aneka tekno

Apabila Anda telah memasukkan username dan password yang benar dan sesuai dengan voucher yang dimiliki, maka akan terlihat tampilan yang menunjukkan ucapan selamat di layar. Namun, hal tersebut bukanlah akhir dari langkah terkait cara login Wifi Id di laptop. Anda masih harus melakukan konfirmasi kesediaan terkait penggunaan internet dengan bijak.

Di sini Anda hanya perlu menekan tombol “Lanjutkan”. Setelah itu, tunggulah hingga jaringan internet yang hendak digunakan telah tersambung dengan baik. Dengan demikian, Anda sudah bisa berselancar di internet menggunakan jaringan wifi.id.

Itulah cara login Wifi Id di laptop yang bisa Anda ikuti. Pastikan bahwa dari setiap langkahnya telah Anda lakukan dengan benar. Apabila Anda mengalami kendala, jangan langsung panik. Anda bisa menanyakan ke pihak petugas jika mengalami beberapa kesulitan.