Cara Melacak Laptop Hilang Dengan Gmail Yang Akurat

Cara melacak laptop hilang dengan menggunakan gmail menjadi sebuah alternatif lain yang bisa digunakan pada kondisi yang berkaitan. Biasanya bisa dilakukan dengan cara lain, namun ini adalah pilihan yang paling mudah dan tidak ribet untuk dilakukan. Karena tidak perlu untuk berlangganan terhadap sebuah aplikasi ataupun menginstallnya dulu sebelum menggunakan.

Mengapa ini menjadi penting? karena kehilangan laptop memiliki resiko yang cukup tinggi untuk kehilangan data di dalamnya. Terlebih bagi Anda yang bekerja, bersekolah, atau berkuliah, tentunya keberadaannya menjadi salah satu kebutuhan utama untuk tetap dimiliki sebagai penunjang aktivitas harian. Oleh karenanya simak beberapa penjabaran di bawah ini sebagai informasi tambahan. 

Cara Melacak Laptop Hilang Dengan Gmail

Cara Melacak Laptop Hilang Dengan Gmail Yang Akurat
Sumber gambar: pricebook
  • Pastikan Mempunyai akun gmail

Cara melacak laptop hilang dengan menggunakan gmail pertama yang harus dipastikan adalah mempunyai akun gmail. Tentunya untuk menggunakannya sebagai alat untuk melakukan pencarian atas kehilangan PC atau Laptop Anda, harus terlebih dahulu memastikan bahwa telah terjadi aktivitas login sebelumnya menggunakannya. Sehingga kemudian bisa dengan mudah melakukan pelacakan terkait.

Mungkin atau tidak jika seseorang tidak menggunakan akun gmail pada laptopnya? tentu saja ada. Oleh karenanya agar suatu saat bisa digunakan dalam kondisi seperti ini, jangan lupa untuk melakukan singkronisasi akun gmail Anda.

Saat benar-benar pada kondisi seperti ini Anda kemudian melakukan login dan melacak terhadap no IP nya, untuk dilakukan trakcing penggunaan terakhir.

  • Masuk ke Akun Gmail

Cara melacak laptop hilang dengan menggunakan gmail kedua jika Anda sudah memiliki akun terkait, maka yang perlu dilakukan hanyalah melakukan aktivitas masuk. Bagaimana caranya? tentunya menggunakan device lain. Sebelumnya pastikan juga bahwa Anda telah terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil dan juga baik. Pasalnya kegiatan ini hanya bisa dilakukan dengan memanfaatkan sistem secara online.

Pada kondisi seperti ini Anda bisa melakukan pelacakan posisi sang pencuri dengan membaca informasi yang terkandung pada alamat IP terakhir yang dipakai menggunakan akun gmail di dalamnya.

Jika keadaan laptop yang sedang dicari telah terkoneksi dengan sambungan jaringan internet, maka akan dengan mudah untuk menemukan dimana posisinya saat itu.

  • Klik menu “details”

Cara Melacak Laptop Hilang Dengan Gmail Yang Akurat
Sumber gambar: acer

Bagaimana langkah-langkah dalam menggunakan akun gmail untuk melacak keberadaan laptop Anda yang dicuri? yaitu dengan masuk dan melakukan tracking aktivitas terakhir. Saat sudah masuk pada lama utama, gulirkan kursor ke arah bagian bawah dengan tulisan  menu “ details” kemudian klik pada bagian tersebut.

Jika sudah melakukan beberapa langkah tersebut kemudian akan muncul beberapa informasi yang terkait dengan aktivitas login menggunakan laptop pada suatu wilayah tertentu. Pilih dan cermati dimana saja proses login terjadi, biasanya ada informasi kotanya.

Jika masih dekat dengan lokasi  Anda bisa kemudian untuk mendatangi tempat tersebut, dengan harapan memang benar-benar masih bisa ditemukan.

  • Jaringan Internet

Dari semua proses tersebut yang paling terpenting dan harus dipastikan adalah jaringan internetnya. Pasalnya pada kedua device yang digunakan antara pelacak dan yang dilacak harus dipastikan telah dalam keadaan online terlebih dahulu. Jika tidak demikian maka sudah bisa dipastikan, bahwa usaha ini juga tidak bisa dilakukan dalam urgensi apapun.

Pasalnya alamat IP yang dimaksudkan dalam cara melacak laptop hilang dengan menggunakan gmail, hanya bisa didapatkan melalui sebuah aktivitas login.

Sehingga saat tidak terdapat sebuah koneksi jaringan internet tentu saja tidak  akan muncul alamat yang dimaksud sebagai sumber untuk melakukan pencarian atas device yang dimaksudkan sedang hilang dan dicari tersebut.