Cara Mudah Bernavigasi ramah lingkungan di Google Maps

Google maps merupakan salah satu produk google yang sangat bermanfaat bagi pengguna. dan belum lama ini google maps telah mengumumkan akan adanya banyak fitur terbaru mereka yang mempunyai tujuan untuk keramahan lingkungan. Jadi dalam artikel ini mimin akan mencoba untuk mengulas beberapa fitur terbaru google maps yang bertujuan untuk merepresentasikan keramahan lingkungan yang sudah mimin rangkum berikut ini.

1. Rute ramah lingkungan.

Awal tahun 2021, Google merilis bahwa Google Maps akan diperbarui dengan model rute yang sama sekali baru yang enggak cuma membawa pengguna ke tujuan secepat mungkin, tapi juga optimalkan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah. Rute ramah lingkungan tersebut telah diluncurkan di AS pada Android dan iOS, dengan rencana untuk diperluas ke Eropa dan sekitarnya pada 2021.

Selain tampilkan rute tercepat, sekarang Google Maps pula akan menampilkan rute yang paling hemat bahan bakar. Hanya dengan beberapa ketukan di smartphone, kamu dapat melihat penghematan bahan bakar relatif dan perbedaan ETA antara kedua rute dan memilih salah satu yang paling sesuai untuk mereka.

Pusat Ilmu Mobilitas Terpadu di NREL, Jeff Gonder, ungkapkan jika itu adalah langkah perubahan yang positif bagi semua orang. “Perutean ramah lingkungan Google Maps tidak hanya membawa teknologi hemat bahan bakar NREL dari lab ke jalan, namun pula mempunyai sebuah potensi besar untuk menurunkan emisi secara signifikan dan menghemat uang pengemudi untuk bensin — sesuatu yang baik untuk manusia dan planet ini,” ujarnya.

2. Navigasi ringan dan mudah untuk pengendara sepeda.

Selama setahun terakhir, penggunaan petunjuk arah bersepeda di Google Maps telah meningkat sampai 98% di kota-kota di seluruh dunia. Ini memperjelas jika banyak orang lebih memilih transportasi roda dua. Dari data ini, Google sendiri telah banyak dengar dari banyak pengendara sepeda motor jika mereka tak mau masuk ke navigasi belokan demi belokan saat mereka bersepeda sebab ponsel mereka biasanya tersimpan di tempat yang sudah dijangkau.

Nih, untuk mempermudah kejadian seperti ini, Google kenalkan sebuah fitur yang disebut navigasi ringan. Fitur ini memungkinkan pengendara sepeda untuk dengan cepat melihat detail penting tentang rute mereka tanpa perlu menyalakan layar atau masuk ke navigasi belokan demi belokan. Navigasi ringan ini akan mulai diluncurkan di mana pun navigasi bersepeda aktif di Android dan iOS dalam beberapa bulan mendatang.

3. Sepeda dan skuter bisa berbagi informasi.

Menanggapi perluasan keramahan lingkungan untuk mengemudi, Google memperluas informasi berbagi sepeda dan skuter ke lebih dari 300 kota di seluruh dunia bagi pengguna Android dan iOS. Lewat Google Maps, pengguna bisa menemukan stasiun terdekat dan bahkan menentukan berapa banyak kendaraan yang tersedia pada saat itu.

Dan ketika pengguna selesai dengan perjalanannya, mereka bisa memastikan ada tempat untuk parkir sebelum menuju ke stasiun. Ekspansi ini dimungkinkan berkat mitra mobilitas mikro seperti Donkey Republic, Tier dan Voi yang berbasis di Eropa, bersama dengan Bird and Spin, yang berkantor pusat di AS.