Terkuak! Inilah Resep Paling Dicari Di Indonesia 2021 | No 2 Enak Banget

Tahun 2021 merupakan salah satu tahun yang dianggap paling berat bagi dunia karena virus corona sedang gila gilanya, bahkan setiap hari ada saja suara sirine ambulan yang terdengar menyayat hati. Meski begitu suram tapi tahun 2021 tentu saja menjadi tahun kenangan yang tetap akan diingat.

Akan tetapi dalam artikel ini mimin tidak mau larut dalam kesedihan karena mimin akan mengulas salah satu tren yang ramai pada tahun 2021 yaitu tren memasak. Dan ternyata ada lho penelitian tentang resep makanan apa saja yang paling dicari pada tahun tersebut. Penasaran apa aja? Yuk kita ulas berikut ini.

1. Donat

Donat jadi salah satu makanan yang cukup panjang tercatat dalam sejarah. Smithsonianmag, para arkeolog terus temukan potongan-potongan fosil makanan yang bentuknya seperti donat di tengah-tengah permukiman penduduk asli Amerika. Akan tetapi kata donat yang tepat konon datang ke Manhattan dengan nama Belanda olykoeks atau “kue berminyak”.

Pada pertengahan abad ke-19, Elizabeth Gregory, ibu kapten kapal New England, membuat adonan goreng yang dengan cerdik memakai rempah-rempah pala dan kayu manis. Beberapa mengatakan ia membuatnya agar putranya Hanson dan krunya dapat menyimpan kue dalam perjalanan panjang, yang mungkin bantu untuk menangkal penyakit kudis dan pilek.

Nyonya Gregory meletakkan hazelnut atau kenari di tengahnya, di mana adonan mungkin enggak akan matang sepenuhnya, dan secara literal menyebutnya donat. Donat berlubang pertama kali dibuat oleh Hanson Crockett Gregory, kapten kapal asal Denmark, di Amerika Serikat.

Lubang dibuat supaya donat matang dengan sempurna. Selain itu lubang ini juga berfungsi untuk memperluas bidang sehingga minyak dapat menggoreng bagian dalam dengan lebih efektif. Dari situlah, donat kemudian jadi makanan favorit di berbagai belahan dunia, terutama di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa. Bahkan, donat menjadi cemilan khas tentara AS saat dalam Perang Dunia I dan II.

2. Dalgona Coffee

Minuman berbasis kopi ini dipopulerkan oleh aktor Jung Il Woo, sampai akhirnya mendunia. Sepanjang masa karantina atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), masyarakat telah membikin dagona coffee di rumah. Dikutip dari Los Angeles Times, dalgona coffee pula dikenal sebagai whipped coffee di tempat-tempat seperti India, Pakistan dan Macao. Asal usul permen Korea ini jadi enggak pasti.

Akan tetapi, menurut Gwangju News, permen ini diduga berasal dari Busan pada tahun 1960-an. Berbeda dengan kopi asli dari Inggris dan Barat, resep permen Korea sangat sederhana. Dalgona coffee pula dibuat dengan mudah. Cuma butuh kopi instan, gula, dan air panas dengan perbandingan yang sama. Misalnya, masing-masing dua sendok makan, dikocok sampai berbusa. Lalu, diletakkan di atas gelas dengan susu dan es batu.

3. Odading

Makanan ini mendadak viral karena sosok Ade Londok dari Bandung, yang mempopulerkannya. Odading `Mang Oleh` yang disebutnya, sempat beredar luas di media sosial. Nama odading tampaknya asing bagi orang-orang di luar Jawa Barat. Odading juga mempunyai banyak sebutan kue bantal di Jakarta.

Di Malang, sebutannya jadi roti goreng dan di Semarang atau Yogyakarta sebutannya adalah Bolang-Baling. Makanan di Indonesia pula dipengaruhi oleh faktor dari buaya luar, seperti odading yang sempat viral ini berasal dari budaya Cina. Di negara asalnya, odading dinamakan Hum chim paeng atau kue goreng dari Kanton. Kudapan ini dibikin dengan bahan-bahan sama halnya seperti donat. Berbahan tepung, telur, gula, dan ragi untuk bikinnya mengembang. Kemudian, adonannya dibentuk kotak, digoreng hingga menggembung dan rasanya manis.