Cara Menggunakan Google Trend, Cocok Untuk Konten Kreator

Google merupakan salah satu perusahaan teknologi terbaik di dunia termasuk Indonesia yang menjadi salah satu pengguna google terbesar. Perusahaan yang mempunyai markas utama di Amerika ini juga mempunyai banyak produk atau fitur yang bisa dimanfaatkan para pengguna salah satunya yaitu google trend yang bisa dijadikan landasan oleh para konten kreator untuk berkreatifitas. Berikut cara menggunakan Google Trend untuk konten kreator:

1. Cara Membuka Google Trends

Bila kamu udah mempunyai akun Google, kamu tinggal ketik Google Trends di halaman Google. Tampilan awalnya kamu dapat melihat tombol untuk menyaring topik berdasarkan negara, waktu, kategori dan jenis penelusuran; web search, news search, Google shopping hingga YouTube Search.

2. Cara Mencari Keyword di Google Trend

Untuk mencari keyword, kamu dapat menuliskannya ke dalam kolom ‘Enter a Search Term or a Topic’ atau ‘Add a Search Term’. Contohnya saat mengetik keyword ‘Taylor Swift’, Google Trends akan memunculkan informasi yang lengkap mengenai intensitas pengguna Google Search memakai kata “Taylor Swift”.

Pada tabel pertama akan terlihat grafik tren pengguna yang mencari menggunakan kata “Taylor Swift” selama satu tahun terakhir. Tentunya, grafik ini menggunakan data berdasarkan negara sesuai dengan lokasi kamu saat itu.

Angka yang ditunjukkan oleh Google search (0-100) bukanlah jumlah pengguna yang melakukan pencarian menggunakan keyword itu. Itu adalah angka perkiraan pengguna yang melakukan pencarian dengan menggunakan keyword “Taylor Swift”.

Setelah grafik muncul, di bagian bawahnya kamu bisa melihat pembagian ketertarikan pengguna mencari keyword “Taylor Swift” berdasarkan daerah. Warna biru menunjukkan hasil pencarian banyak dilakukan di daerah tersebut, sedangkan warna biru muda menunjukkan daerah yang lebih sedikit.

3. Google Trend untuk Membandingkan Keywords

Bingung untuk bandingkan kata yang ada di Google? Di Google Trend ada fitur comparation untuk bandingkan keyword. Kamu dapat membandingkan tingkat pencarian keyword dalam bentuk grafik hingga peta wilayah.

4. Cara Menggunakan Opsi Pencarian Spesifik

Enggak cuma bisa digunakan untuk menganalisis tingkat pencarian di Google Search. Kamu pula bisa menganalisis apa saja yang kebanyakan dicari di YouTube.

5. Memprediksi Trend

Google Trend bisa kasih manfaat untuk membuat konten yang menarik dalam blog kamu. Google Trend bukan satu-satunya aplikasi yang bisa menaikkan traffic blog atau website kamu. Namun. beberapa kompetitor juga sangat sering manfaatkan Google Trends untuk target marketingnya. Untuk mencari trend hari ini, kamu bisa klik Google Trend Indonesia dan lihat di bagian bawah tulisan ‘Recentyly Trending’